Home Lintas Jateng Pemkot Magelang Targetkan PBB Mencapai Rp 4 Miliar

Pemkot Magelang Targetkan PBB Mencapai Rp 4 Miliar

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Magelang, 14/1 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, menargetkan pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan-Perkotaan Pedesaan (PBB-P2) di daerah setempat pada 2015 sebesar Rp4.044.000.000.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito di Magelang, Rabu, mengatakan jumlah Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2 pada 2015 bertambah menjadi 35.648 lembar, sedangkan pada 2014 berjumlah 35.252 lembar dengan target sekitar Rp3,5 miliar.

Penyerahan secara simbolis SPPT PBB-P2 Kota Magelang kepada camat se-Kota Magelang itu berlangsung di halaman belakang kantor pemkot setempat belum lama ini.

Realisasi PBB-P2 daerah setempat pada 2014 sekitar Rp4,7 miliar atau 128,02 persen, katanya, sebagai hal yang memuaskan karena pendapatan asli daerah makin bertambah.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban membayar PBB semakin mantap.

“Realisasi pada 2015 diharapkan dapat meningkat sebanding dengan tahun sebelumnya,” katanya.

Ia mengatakan untuk memenuhi target penerimaan PBB-P2 pada 2015 dibutuhkan peningkatan sinergi antara berbagai pihak terkait, termasuk masyarakat.

“Berbagai pihak terkait agar meningkatkan sinergi dan kerja sama dalam pengelolaan dan penarikan pajak tersebut. Hal ini penting karena PBB-P2 merupakan komponen PAD yang dibutuhkan untuk pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta jajarannya segera mendistribusikan SPPT kepada para wajib pajak sehingga mereka bisa membayar pajak lebih awal atau sebelum jatuh tempo.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Pemkot Magelang Larsita mengatakan petugas melakukan sosialisasi ke kelurahan dan rukun tetangga untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan pembayaran PBB-P2.

Pihaknya juga memberikan pengumuman secara langsung kepada masyarakat menggunakan fasilitas mobil keliling ke kampung-kampung terkait dengan kewajiban membayar PBB-P2.

Ia mengatakan pembayaran PBB-P2 di Kota Magelang melalui Bank Jateng, termasuk bisa melalui anjungan tunai mandiri bank tersebut.

“Sekarang juga semakin dipermudah. Wajib pajak bisa membayar melalui ATM Bank Jateng,” katanya. (ant/BJ)

Advertisements