Home Lintas Jateng Pemkot Bangun Pasar Darurat

Pemkot Bangun Pasar Darurat

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmoko

Solo, 28/12 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kota Surakarta segera mengambil langkah cepat dengan membangun pasar darurat untuk menangani dan menampung para pedagang Pasar Klewer akibat dampak kebakaran yang terjadi pada Sabtu (27/12) malam.

“Kami segera melakukan koordinasi dengan pemerintah Pusat untuk menampung para pedagang Pasar Klewer yang terkena musibah,” kata Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmoko saat meninjau ke lokasi kebakaran Pasar Klewer di Jalan Dr Rajiman Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan rapat sebelum menentukan lokasi untuk merelokasi sementara para pedagang Klewer di tempat yang baru. Sekaligus mengajukan anggaran ke Pemerintah Pusat dan Provinsi setempat.

Pihaknya berencana menentukan lokasi untuk pasar darurat di lahan Benteng Vastenburg, sehingga roda perekonomian pusat penyumbang pendapatan Pemkot Surakarta cukup tinggi, sekaligus sebagai ikon pasar batik di Kota Solo.

Menurut Rudyatmo, ada ribuan pedagang yang mengadu nasib di Pasar Klewer, sehingga akibat musibah kebakaran tersebut jangan sampai roda perekonomian berhenti.

“Kami segera mengajukan bantuan Pemerintah Pusat untuk membangun pasar darurat guna menampung sekitar 2.300 pedagang yang terkena musibah,” kata Rudyatmo.

Menurut Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Surakarta, Subagiyo, pihaknya memperkirakan kerugian akibat kebakaran Pasar Klewer yang menjadi andalan Kota Solo itu mencapai sekitar Rp10 triliun.

Menurut dia, Pasar Klewer tersebut penyumbang Pendapatan Asli Daerah terbesar di Kota Solo, karena hingga mencapai sekitar Rp1,5 miliar lebih per tahunnya.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Iriansyah menjelaskan, aparat keamanani terus melakukan pengamanan di lokasi kebakaran termasuk sebanyak 16 toko emas dari ribuan kios di Pasar Klewer yang terbakar dengan dipasangi garis polisi.

Tim Laboratorium Forensik Polda Jateng akan melakukan olah di tempat kejadian perkara Pasar Klewer Solo, mulai Selasa, karena Minggu ini kondisinya belum memungkinkan. Bara api sisa-sisa kebakaran di lokasi masih dilakukan pemadaman oleh petugas pemadam kebakaran.

Sementara para pedagang Pasar Klewer hingga kini masih terlihat melakukan evakuasi barang-barang dagangannya yang masih bisa diselamatkan dan dibawa ke keluar dari kios-kios. Kondisi kebakaran di Pasar Klewer, hingga Minggu, api mulai bisa dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB, tetapi sisa-sisa bekas kebakaran masih terlihat mengeluarkan asap.(Ant/BJ03)

Advertisements