Home Headline Pemkot Apresiasi Kampung Jawi dan Desa Wisata Kandri Berprestasi di Trisakti Tourism...

Pemkot Apresiasi Kampung Jawi dan Desa Wisata Kandri Berprestasi di Trisakti Tourism Award 2021

Pemkot Apresiasi Kampung Jawi dan Desa Wisata Kandri Berprestasi di Trisakti Tourism Award 2021

SEMARANG, 3/9 (BeritaJateng.net) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memberikan apresiasi kepada dua kampung tematik yakni Kampung Jawi dan Desa Wisata Kandri yang telah berhasil meraih prestasi membanggakan dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021, Jumat (3/9/2021).

Kampung Jawi berhasil meraih juara 1 kategori kuliner dan Desa Wisata Kandri merebut juara harapan 3 kategori alam.

Menurutnya, capaian dua kampung tematik tersebut cukup membanggakan karena mampu menerobos potensi wisata yang ada di Indonesia.

Dengan kekompakan dan kerja keras ini, dia yakin wisata yang mereka kelola bisa kembali bangkit di tengah pandemi.

“Saya selalu memberi motivasi kepada kawan-kawan, selalu ada hal-hal yang bisa dilakukan sepanjang ada niat dan ikhtiar untuk bisa lebih manfaat dan menjaga sesama supaya sehat. Maka capaian dua kampung kita ini cukup membanggakan,” ucap Hendi.

Hendi memahami sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak. Namun, saat ini Kota Semarang sudah memasuki PPKM level 2. Dia kembali memotivasi tempat wisata untuk buka kembali dengan protokol kesehatan.

“Tidak suah ragu terapkan prokes. Yang dablek tidak boleh masuk, gitu saja,” tegasnya.

Ditambahkan, Pemerintah Kota Semarang tentu akan memberi support untuk pengembangan wisata tematik. Jika programnya bagus dan bermanfaat, Pemkot dapat memberi hibah sepanjang aturan memungkinkan. Pemkot juga siap apabila perlu pembenahan infrastruktur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari menambahkan, pengembangan akan dilakukan dari sisi kelembagaan terutama untuk Kampung Jawi mengingat masih dalam bentuk Pokdarwis.

“Ini hanya ada kuliner. Ke depan, akan kami kembangkan jadi desa wisata. Kalau Kandi dari segi kelembagaan sudah bagus. SDM, akan kami beri pengerahuan menhenai prokes sesuai kondisi saat ini. Sarpeas nanti kita sinergi dengan OPD lain,” terang Iin, sapaannya.

Iin berpesan agar dua kampung tersebut bisa mempertahankan konsistensi kearifan lokal, keamanan, dan kenyamanan karena itu yang menjadi ketertarijan pengunjung. (Ak/El)