Home Lintas Jateng Pemkab Temanggung Salurkan Bantuan Tempat Ibadah Rp5,1 Miliar

Pemkab Temanggung Salurkan Bantuan Tempat Ibadah Rp5,1 Miliar

image

Temanggung, 17/3 (Beritajateng.net) – Bagian Kesra Pemerintah Kabupaten
Temanggung, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan untuk tempat ibadah, sarana prasarana pendidikan dan lembaga keagamaan senilai Rp5,1 miliar.

“Bantuan hibah dari APBD 2015 tersebut untuk 362 penerima bantuan yang layak menerima,” kata Kabag Kesra Pemkab Temanggung Syafruddin Datuk di Temanggung, Selasa.

Ia mengatakan anggaran belanja hibah tersebut semula untuk 375 lokasi dengan nilai sekitar Rp5,36 miliar, namun setelah dilakukan survei hanya 362 penerima bantuan yang layak menerima.

“Sebanyak 13 lokasi setelah disurvei dan kami koordinasi dengan instansi terkait, tidak layak menerima bantuan dengan nilai Rp193,8 juta,” katanya.

Ia mengatakan 13 lokasi yang batal menerima bantuan tersebut karena tercantum dua kali pada penjabaran APBD Kabupaten Temanggung 2015 sehingga hanya satu yang dicairkan atau telah menerima bantuan sejenis pada penetapan atau perubahan APBD Kabupaten Temanggung Tahun Anggaran 2014.

“Hal tersebut kami lakukan dalam rangka menaati Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang berasal dari APBD untuk menghindari permasalahan hukum di kemudian hari,” katanya.

Ia menyebutkan penerima bantuan terdiri atas 102 masjid, 102 mushala, 76 TPQ, delapan madrasah diniyah, empat pondok pesantren, dua gereja, tiga wihara, 27 lembaga keagamaan, dan 54 lembaga pendidikan.

“Mereka menerima bantuan antara Rp5 juta hingga Rp50 juta. Bantuan dicairkan lewat rekening penerima bantuan secara bertahap,” katanya.(ant/BJ)