Home Lintas Jateng Pemkab Temanggung Berdayakan Pemuda di Bidang Pertanian

Pemkab Temanggung Berdayakan Pemuda di Bidang Pertanian

image

Temanggung, 24/3 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memberdayakan kaum muda untuk menekuni bidang pertanian dengan mengikuti program sekolah lapang pertanian.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Perkebunanan dan Kehutanan Kabupaten Temanggung, Harnani Imtikhamndari di Temanggung, Kamis, mengatakan berdasarkan data BPS dalam lima tahun terakhir minat warga Temanggung untuk bertani mengalami penurunan.

“Agar minat bertani tidak menurun dilakukan terobosan dengan memberdayakan kaum muda tani melalui penyelenggaraan program sekolah lapang pertanian,” katanya.

Ia menyebutkan pada 2015 direncanakan penyelenggaraan 221 kelompok sekolah lapang pertanian meliputi tanaman padi 89 kelompok, 134 kelompok tanaman jagung dan delapan kelompok sekolah lapang tanaman hortikultura.

Melalui berbagai sekolah lapang pertanian tersebut, katanya kalangan muda tani atau lebih dikenal taruna tani yang tersebar di berbagai desa di 20 kecamatan dilibatkan sebagai peserta.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan lahir kader-kader tani muda yang siap untuk terjun di bidang usaha tani secara modern,” katanya.

Menurut dia penyebab menurunnya minat warga, terutama generasi muda dalam bertani dimungkinkan karena penghasilan dari usaha pertanian dinilai lebih rendah dari usaha bidang lain, serta profesi petani masih terpinggirkan.

“Oleh karena itu kami mendorong kalangan muda tani menjadi peserta sekolah lapang,” katanya.

Ia menuturkan kalangan generasi muda tani dinilai potensial untuk menyerap ilmu dalam sekolah lapang karena selain masih muda dan segar, diharapkan juga memiliki wawasan luas dan bisa berpikir maju.

“Ditunjang usia muda dan punya pemikiran maju maka dunia pertanian diharapkan lebih maju dan berkembang sehingga ke depan minat usaha tani lebih meningkat,” katanya.(ant/Bj)