Home Ekbis Pemkab Pemalang Wacanakan Bangun Bandara Perintis

Pemkab Pemalang Wacanakan Bangun Bandara Perintis

1721

gema gedung berlian

SEMARANG, 15/4 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kabupaten Pemalang mewacanakan untuk membangun bandar udara (bandara) perintis yang diharapkan dapat menjadi sarana pengungkit pertumbuhan ekonomi wilayah Pantura Barat.

Wacana tersebut mengemuka ketika Anggota Pansus Raperda Bergasmalang melakukan dengar pendapat dengan Pemkab Pemalang Rabu (15/4). 

Anggota Pansus Hj Ida Nur Saadah SPdI MH mengemukakan, kesiapan Pemalang ditandai dengan sudah disiapkannya lahan untuk pembangunan bandara seluas 23 hektar.

“Semula wilayah yang direncanakan membangun bandara perintis adalah Kabupaten Tegal, tapi ternyata tanahnya sudah tidak ada,” ungkapnya.

Menurut dia, rencana pembangunan bandara perintis di Kab Tegal sudah. Masuk dalam rencana tata ruang dan tata wilayah (RTRW) pusat  dan provinsi Jawa Tengah. Sedangkan Pemalang belum masuk didalamnya.

“Kita masih butuh cantolan hukumnya agar bisa diwujudkan pembangunan bandara  di Kab Pemalang,” jelasnya.

Selain bandara, Pemkab Pemalang juga menginginkan dibangun pelabuhan penumpang dan stasiun kereta api.

“Kalau sarana tersebut bisa diwujjudkan, saya yakin pertumbuhan ekonomi di kawasan Brebes, Tegal dan Pemalang dan wilayah sekitarnya bisa bekembang lebih optimal,” pungkasnya. (BJ13)