Home Hukum dan Kriminal Pemkab Pekalongan Gencarkan Operasi Angkutan

Pemkab Pekalongan Gencarkan Operasi Angkutan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Pekalongan, 25/2 (BeritaJateng.net)- Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, terus menggencarkan operasi angkutan laik jalan sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan, Purwanto di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa pada operasi tersebut, pemkab akan bekerja sama dengan kepolisian resor (Polres) untuk menindak tegas pada angkutan yang bisa membahayakan keselamatan pengemudi atau orang lain.

“Operasi ini akan kami lakukan dua kali dalam seminggu di sejumlah jalan raya setempat. Bagi pengemudi yang mengemudikan angkutan tidak laik jalan maka akan tindak tegas dengam memberikan surat bukti pelanggaran,” katanya.

Menurut dia, operasi Laik jalan juga tidak hanya berlaku untuk kendaraan pengangkut barang maupun angkutan umum saja tetapi juga pada kendaraan roda dua seperti sepeda motor.

Tujuan operasi angkutan laik jalan ini, kata dia, untuk memberikan kesadaran berlalu lintas di jalan raya pada pengemudi.

“Yang jelas, setelah dilakukan beberapa kali operasi ini, pelanggaran dari para pengendara semakin menurun karena kesadaran dari pengguna jalan kian membaik,” katanya.

Pengemudi kendaraan, Herdian mengatakan operasi angkutan laik jalan relatif baik untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya karena selain faktor “human error” juga disebebkan kondisi kendaraan yang tidak laik jalan.

“Kami mendukung langkah pemkab dan polres menegakan disiplin berlalu lintas di jalan raya dengan melakukan operasi angkutan tidak laik jalan,” katanya. (ant/BJ)