Home Headline Pemkab Jamin Harga Obat Covid di Blora Tidak Akan Mencekik

Pemkab Jamin Harga Obat Covid di Blora Tidak Akan Mencekik

BLORA, 15/7 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah memastikan harga obat covid 19, yang dijual diapotik tidak akan mencekik.

Ini diungkapkan Sekretaris Daerah Komamg Gede Irawadi, saat rapat koordinasi dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Blora dan sejumlah kepala instalasi farmasi rumah sakit yang ada di Kabupaten Blora, Kamis (15/7/2021).

Sekda berharap, agar di masa pandemi ini apotek dapat menaati ketentuan harga eceran tertinggi (HET) obat-obatan covid-19 dari pemerintah pusat.

“Kami harapkan pada kesempatan ini bisa mendengar bagaimana permasalahan yang dihadapi rumah sakit dan apotek. Khususnya terkait dengan obat untuk penanganan covid-19. Saya juga minta agar tidak ada apotek di Blora yang menjual obat tersebut dengan harga melebihi ketentuan, hingga ‘mencekik’ masyarakat” papar Sekda.

Pada kesempatan tersebut, Sekda berdiskusi dengan IAI Blora terkait permasalahan, ketersediaan, dan harga obat yang ada.

Pihaknya juga mengajak pihak Forkopimda untuk secara aktif melakukan pengawasan terhadap penjualan obat-obatan tersebut.

“Kami juga inginkan agar nantinya ada kesepakatan harga maksimal yang sesuai ketentuan untuk obat penanganan covid-19, agar apotek di Blora ini bisa menjual obat dengan harga yang relatif sama” ungkap Sekda kepada perwakilan IAI Blora

“Saya juga minta Dinkes agar ada edaran pada apotek-apotek terkait ini, tentu dengan memperhatikan aturan yang berlaku” lanjutnya

Menanggapi hal tersebut, Ketua IAI Blora, Nurul Huda mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu masyarakat, dengan tidak menjual obat-obatan diatas ketentuan. Diantaranya dengan menyepakati harga jual yang seragam.

“Kita nanti insyaallah seluruh Kabupaten Blora apotek-apotek swasta berkomitmen untuk berusaha menyediakan obat-obatan untuk covid-19 dengan harga jual yang seragam (seluruh Kab. Blora),” ungkapnya. (Her/El)