Home Hiburan Pemkab Cilacap Segera Benahi Pantai Widara Payung

Pemkab Cilacap Segera Benahi Pantai Widara Payung

Pantai Widara payung

Cilacap, 25/2 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, segera membenahi Pantai Widarapayung setelah mengambil alih pengelolaan objek wisata itu dari Pemerintah Desa Widarapayung.

“Untuk perbaikannya akan kami lakukan bertahap. Kami akan ajukan anggaran untuk pembenahan fisik,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Cilacap Indar Yuli Nyataningrum di Cilacap, Rabu.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pembenahan tahap awal telah dilakukan dengan perekrutan 23 personel yang akan dijadikan sebagai tenaga kebersihan, petugas tiket, keamanan, dan sebagainya.

Menurut dia, pengelolaan Pantai Widarapayung ke depan akan dilakukan Pemkab Cilacap melalui Dinparbud bersama Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro selaku pemilik lahan setelah adanya nota kesepahaman yang berlaku sejak tanggal 1 Januari 2015.

Ia mengakui bahwa selama ini, pendapatan Pemkab Cilacap dari Pantai Widarapayung sangat minim karena hanya mendapat bagian 30 persen dari total pendapatan yang masuk, selebihnya dikuasai oleh pemerintah desa dan pihak-pihak yang terkait dengan aktivitas pariwisata di objek wisata itu.

“Pada tahun 2015, kami ditargetkan untuk menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) sebesar Rp1,8 miliar. Kami menargetkan pendapatan dari Pantai Widarapayung mencapai 10 persen dari PAD tersebut,” katanya.

Ia optimistis target pendapatan tersebut dapat tercapai setelah adanya kerja sama dengan Kodam IV/Diponegoro.

“Apalagi pada tahun 2014, kami mampu membukukan pendapatan Rp2.019.622.810 dari target yang ditetapkan sebesar Rp1,6 miliar,” katanya. (ant/BJ)