Home Lintas Jateng Pemkab Blora Targetkan Raih Adipura 2018

Pemkab Blora Targetkan Raih Adipura 2018

Pemkab Blora targetkan raih Adipura 2018
        BLORA, 1/3 (BeritaJateng.net) – Pemerintah kabupaten Blora mentargetkan bisa kembali meraih Adipura di tahun 2018. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora,  Dewi Tejowati mengatakan bahwa persiapan Adipura pada tahun ini dikaitkan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional karena pengelolaan sampah termasuk dalam parameter penilaian Adipura.
        “Kegiatan-kegiatan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional sangat berpengaruh terhadap penilaian Adipura,” ujarnya saat mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Hari Peduli Sampah Nasional dan Persiapan Pemantauan dan Penilaian P2 Adipura Tahun 2018 di Ruang Pertemuan Setda Blora, Kamis (1/3/ 2018).
        Lebih lanjut, Dewi Tejowati menyampaikan bahwa mulai tahun ini, parameter penilaian Adipura tidak hanya faktor kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah, namun juga pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.
         Saat ini, pengelolaan sampah merupakan perhatian yang besar dari Pemerintah, di mana Pemerintah mentargetkan pada tahun 2025 nanti, timbulan sampah yang dibuang ke TPA hanya sebesar 30%, sedangkan 70% harus dilakukan pengelolaan dan pengolahan.
        Bupati Blora, Djoko Nugroho meminta kepada seluruh elemen, baik itu Pemerintah Daerah, swasta maupun masyarakat untuk dapat menata dengan baik lingkungan hidup di sekitarnya.
        Namun jauh dari pada itu, Djoko Nugroho berpendapat bahwa yang lebih utama adalah bagaimana caranya membangun kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah.
        “Mendidik masyarakat, membentuk perilaku positif pada diri masyarakat supaya dapat mengelola sampah dengan baik itu lebih utama dari pada sekedar penghargaan Adipura. Apabila masyarakat sudah sadar bagaimana harusnya menyikapi sampah, maka Adipura akan datang dengan sendirinya,” ujarnya.
         Pada kesempatan ini, Djoko Nugroho juga meminta kepada OPD terkait untuk memenuhi semua kebutuhan peralatan di TPA supaya sampah-sampah itu dapat dikelola dengan baik sehingga membawa keasrian bagi Kabupaten Blora.
(MN/El)