Home Hukum dan Kriminal Pemkab Blora Segera Matangkan Berdirinya BNK

Pemkab Blora Segera Matangkan Berdirinya BNK

Bupati Blora, Arief Rohman.

BLORA, 13/10 (BeritaJateng.net) – Kabupaten Blora, Jawa Tengah merupakan daerah perbatasan antar Provinsi. Selain itu sebentar lagi akan beroperasi Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, ditambah kedepan adanya penanaman modal asing, investasi dan obyek vital lainya.

Untuk antisipasi peredaran Narkotika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, segera siapkan pembentukan Badan Narkotika Kabupaten (BNK).

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BNN Provinsi dengan membentuk tim tim dan mempersiapkan yang dibutuhkan untuk BNK.

“BNN Provinsi ke Blora dalam rangka untuk penjajakan pembentukan BNK di Blora. Karena dirasa Blora adalah wilayah perbatasan dan di daerah Pantura belum ada Badan Narkotika Kabupaten, sehingga Blora mengajukan untuk dibentuknya BNK,” ungkap Bupati Blora.

Hasil rapat koordinasi, disepakati pembentukan tim dari BNNP dan Pemkab Blora untuk selalu berkoordinasi.

“Tahapannya masih panjang, harus menyiapkan FS, Studi kelayakan, kesiapan lahan kita untuk jadi kantor, dan juga naskah akademik untuk kesiapan,” imbunya.

Sementara Brigjen Pol Drs. Purwo Cahyoko, mengatakan kedatangan ke Blora selain mematangkan pembentukan BNK di Blora, juga untuk mendorong percepatan pelaksanaan P4GN yaitu Pemberantasan Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, sebagaimana yang diamanatkan Inpres No 2 Tahun 2020.

Mengenai Pembentukan BNK di Kabupaten Blora Brigjend Pol. Drs Purwo Cahyoko mengatakan saat ini, karena Pandemi Pemerintah sementara sedang moratorium kaitannya dengan pembangunan, pembentukan lembaga.

Ia berharap tahun depan pandemi sudah reda atau tidak separah tahun ini, agar dibuka lagi muratoriumya, sehingga pihaknya bisa mengusulkan pembangunan BNK di Kabupaten Blora.

“Blora ini kan perbatasan, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Belum lagi akan dibuka Bandara tentunya akan banyak wisatawan ya, baik wisatawan asing maupun dalam negeri, yang kemungkinan juga menyalahgunakan narkotika. Jadi sangat strategis untuk dibukanya BNK, ” jelasnya.

Berdirinya BNK di Blora nanti, lanjut Brigjen Pol. Drs Purwo Cahyoko, diharapkan bisa mengkafer daerah Pantura timur seperti Rembang, Pati, Kudus, karena di Pantura timur Belum ada berdiri BNK.

Di Provinsi Jawa Tengah sendiri baru ada 9 BNK dari 35 Kabupaten/ Kota. Jadi menurutnya jika ada BNK di Blora bisa mengcover Kabupaten terdekat, karena selama ini jika ada kegiatan langsung BNNP yang mengcover. (Her/El)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + 17 =