Home Headline Pemkab Batang Himbau Warganya Waspada ISIS

Pemkab Batang Himbau Warganya Waspada ISIS

Ilustrasi

Batang, 6/1 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengimbau kepada warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi perkembangan paham dan gerakan radikal kelompok Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata di Batang, Selasa, mengatakan meski saat ini wilayah daerah relatif kondusif, warga harus meningkatkan kewaspadaan terhadap setiap potensi ancaman dan gangguan keamanan dalam negeri sebagai upaya proses pencegahan dan deteksi dini.

“Pada kondisi aman, kita sering lupa terhadap potensi bahaya. Situasi aman tidaklah lahir dengan sendirinya melainkan adanya upaya untuk menciptakan situasi tersebut,” katanya.

Menurut dia, peringatan kewaspadaan itu terutama disampaikan terkait dengan perkembangan nasional terakhir sebagaimana sempat ramai dalam pemberitaan, yaitu menyangkut ancaman ISIS terhadap lembaga negara.

“Baru-baru ini pun ramai diberitakan soal peringatan Kedubes Amerika Serikat atas potensi ancaman warganya di Surabaya,” katanya.

Ia mengatakan potensi ancaman tidak selalu terpantau oleh mata sehingga masyarakat harus segera melaporkan saat ada aktivitas dan pergerakan yang mencurigakan atau mengganggu keamanan.

Peristiwa penangkapan jaringan terduga teroris di Kabupaten Batang beberapa waktu silam, kata dia, cukup menjadi pembelajaran berharga untuk semua pihak.

“Oleh karena itu, peran ormas keagamaan kami nilai strategis dalam menangkal segala ancaman paham dan gerakan radikal seperti ISIS,” katanya.(ant/Bj02)