Pemindahan SDN Sidogemah 2 Dinilai Lamban, Komisi B Demak Turun Tangan

Demak, 22/9 (BeritaJateng.net) – Proyek nasional pembangunan jalan tol Semarang -Demak yang kini sedang dalam pengerjaan banyak sekali menuai kritik dari berbagai pihak, mulai dari masalah pembebasan tanah hingga faktor pendidikan.

Salah satunya SDN 2 Sidogemah Sayung, dimana lokasi tempat belajar mengajar tersebut sangat memprihatinkan bisa dikatakan tidak layak disebut sebagai sekolah.

Gedung kelas yang seharusnya nyaman untuk kegiatan belajar mengajar malah mirip seperti gudang tempat penyimpanan barang.

Menurut Kepala Sekolah SDN 2 Sidogemah Nur Aslakhah menjelaskan jika hal ini merupakan tanggung jawab pihak pemerintah kabupaten Demak dalam hal ini dinas pendidikan mengingat segala sesuatunya terkait lahan atau bidang tanah yang terkena proyek tol tersebut sudah selesai segala sesuatunya.

” Proses tukar guling ataupun pembebasan tanah dan bangunan sudah selesai dari pihak tol kepada pemerintah desa dan dinas pendidikan,” ujar Kepsek Sidogemah 2.

Sementara itu menurut ketua Komisi B DPRD Demak Ulin Nuha saat mengunjungi kondisi SDN Sidogemah 2 bersama anggota komisi mengatakan,jika kondisi sekolah tersebut sudah tidak layak digunakan tempat KBM bahkan atap bangunan banyak yang roboh akibat getaran mesin pancang dari pekerjaan proyek tol.

” Ini kondisinya sangat memprihatinkan sudah seharusnya secepatnya di pindah ke tempat yang lebih layak lagi,” ucap politisi PKB ini.

Untuk saat ini yang lebih penting adalah persiapan pemindahan sekolah tersebut, lanjut Ulin Nuha, hal ini untuk mengantisipasi jika pihak tol meminta mengosongkan lahan sekolah tersebut. Oleh sebab itu dirinya akan segera mengambil tindakan cepat dengan memanggil pihak dinas pendidikan dan pemerintahan desa Sidogemah untuk mbahas pemindahan gedung sekolah.

” Kita prioritaskan permasalahan ini agar nantinya tidak mengganggu KBM dengan mbangun gedung baru di lahan yang sudah disepakati oleh perintah desa dan dinas pendidikan,” pungkas ketua Komisi B Demak. (BW/El)

Leave a Reply