Home Hukum dan Kriminal Pemilik Ribuan Petasan Hanya Disanksi Tandatangan

Pemilik Ribuan Petasan Hanya Disanksi Tandatangan

image

Kudus, 25/6 (Beritajateng.net)-Ribuan petasan dari berbagai jenis dan ukuran, berhasil disita Satuan Sabhara Polres Kudus melalui operasi khusus yang digelar menjelang Lebaran 2015. Bahan peledak yang dilarang diperjualbelikan secara bebas ini, disita dari Yulia V, warga Kelurahan Mlati Lor, Kecamatan Kota Kudus.

”Penyitaan petasan ini berawal dari laporan masyarakat. Untuk itu kita sangat mengapresiasi keberanian masyarakat yang memberitahukan kepada petugas jika ada sesuatu yang berbahaya bagi keamanan serta ketentraman di lingkungannya,” jelas Kasat Sabhara AKP Sukadi di Mapolres Kudus, Kamis (25/6).

Ditambahkan, walau pemilik bahan peledak tersebut berhasil diamankan, namun pihaknya tidak melakukan penahanan. Bahkan, dengan alasan kemanusiaan pemilik tidak dipidanakan karens hanya tindak pidana ringan (tipiring).

”Karena alasan kemanusiaan, kami hanya lakukan pembinaan serta minta pemilik petasan untuk menandatangani surat perjanjian tidak akan mengulangi perbuatannya. Jika kemudian hari, yang bersangkutan melanggar perjanjian dan kembali berjualan maka kita akan langsung menjerat Yulia, menggunakan tipiring,”ujarnya. (BJ12)