Home Ekbis Pemerintah Terapkan SNI Disemua Produk

Pemerintah Terapkan SNI Disemua Produk

SNI
ilustrasi

Semarang, 20/11 (BeritaJateng.Net) – Pemerintah berupaya menerapkan label Standar Nasional Indonesia (SNI) pada semua produk untuk memastikan keamanan bahan baku produksi yang digunakan.

“Jika nantinya SNI ini sudah diberlakukan wajib untuk semua produk maka produksi mulai dari industri skala kecil hingga besar harus mengikutinya,” ujar Dirjen Standarisasi Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo di Semarang, Kamis (20/11).

Salah satu produk yang mulai tahun depan diberlakukan wajib berlabel SNI yaitu pakaian bayi. Menurutnya, pakaian bayi ini memang harus dipastikan keamanan bahan bakunya.

“Bahan baku harus dipastikan, salah satunya penggunaan bahan pewarna kain mengingat yang mengenakan adalah anak di bawah umur dengan tingkat ketahanan tubuh yang masih rendah,” ujarnya.

Selain itu, mainan anak juga ke depan akan diwajibkan berlabel SNI. Mengenai produk yang wajib berlabel SNI ini disesuaikan oleh masing-masing kementerian yang membidangi.

“Untuk pakaian bayi dan mainan anak tersebut berada di bawah pengawasan Menteri Perindustrian,” jelasnya.

Selain itu, ke depan buah-buahan segar dan sayuran segar juga wajib berlabel SNI. Mengenai produk tersebut berada di bawah pengawasan Menteri Perdagangan.

“Sama-sama di bawah Menteri Perdagangan, untuk sejumlah produk olahan di antaranya minyak goreng dan tepung terigu sudah diwajibkan berlabel SNI,” jelasnya.

Sementara itu, mengenai produk wajib berlabel SNI ini pihaknya terus berupaya untuk mendorong sektor industri di setiap daerah agar menerapkan aturan tersebut.

“Ini menjadi modal penting dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mendatang,” jelasnya.

Menurutnya, dengan menerapkan SNI maka bisa meningkatkan daya saing industri lokal.

“Jika produsen menerapkan SNI ini maka produksinya akan memiliki daya saing yang sangat bagus,” jelasnya. (ant/pri)