Home Nasional Pemerintah Pusat Janji Akan Prioritaskan Normalisasi Sungai Beringin

Pemerintah Pusat Janji Akan Prioritaskan Normalisasi Sungai Beringin

Warga membersihkan sampah yang terbawa arus sungai Beringin.
          Semarang, 7/2 (BeritaJateng.net) – Banjir yang melanda di kawasan barat kota Semarang tepatnya di Kecamatan Tugu terus dikomunikasikan Walikota Semarang Hendrar Prihadi kepada Pemerintah Pusat, agar segera di normalisasi.
         Keberadaan dua sungai yang ada di wilayah tersebut yakni Sungai Plumbon dan Beringin saat ini mengalami pendangkalan dan penyempitan arus sungai.
          Walikota Semarang Hendrar Priahadi,mengunjungi lokasi banjir di Kelurahan Mangkang Wetan Kecamatan Tugu yang terendam banjir akibat tanggul sungai Beringin yang jebol.
           Jebolnya sungai tersebut lantaran arus sungai yang kencang dan merendam puluhan rumah warga tergenang air banjir mencapai 1 meter.
           Kepada wartawan Walikota Semarang menyebutkan sudah mendesak pemerintah pusat agar segera melaksanakan normalisasi di dua sungai yang ada di wilayah barat kota semarang ini.
           Ia menyebutkan tidak dapat berbuat banyak lantaran kewenangan sungai terseb`ut berada di Kementerian Pekerjaan Umum dalam Hal Ini Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.
          “Saya habis laporan Pak Gub seminggu yang lalu, Saya minta agar diusahakan untuk dinormalisasi di tahun 2018 ini. Kebetulan juga sudah ketemu sama Pak Menteri PUPR  sudah saya sampaikan nanti bisa kita percepat pembangunannya oleh pemerintah pusat. Selama ini warga mangkang selalu dihantuai apabila hujan deras diwilayah atas,” Kata Walikota yang akrab disapa Hendi ini.
            Hanya saja, lanjut Hendi, saat ini yang dapat dilakukannya yakni memberikan dukungan dan informasi progress sejauh mana normalisasi akan dikerjakan pemerintah pusat.
           “Saat ini kami hanya bisa membesarkan hati masyarakat dan memberitau sejauh mana progress rencana normalisasi sungai. Untuk penanganan sementara kita sudah komunikasikan ke BBWS untuk diberikan bronjong dan karung pasir menutup tanggul yang jebol,” jelasnya.
          Selain Banjir di wilayah Mangkang Wetan, Walikota juga menyoroti soal banjir yang ada di Jalan Kaligawe raya yang dikeluhkan warga dan pengguna jalan. Akibat genangan banjir tersebut, aspal di jalan itu mulai mengelupas dan menyebabkan jalan rusak sehingga berpotensi membahayakan pengguna jalan.
           “Saat ini bantuan dari BBWS Pemali Juana berupa pompa berkapasitas 200 liter perdetik sudah didatangkan sehingga diharapkan dapat mengatasi genangan air tersebut,” harap Walikota Hendrar Prihadi. (El)