Home Lintas Jateng Pembebasan Lahan Waduk Gondang Segara Rampung

Pembebasan Lahan Waduk Gondang Segara Rampung

Waduk Gondang

Karanganyar, 31/1 (BeritaJateng.net) – Proses pembangunan Bendungan Gondang, yang lokasinya berada di sungai Melikan yang berada di dua Kecamatan yakni Kecamatan kerjo dan Kecamatan Ngargoyoso dan diperkirakan mampu menyuplai daerah irigasi seluas 4.680 Ha mulai di bangun.

Namun warga desa sekitar yang tanahnya terkena proyek pembangunan bendungan belum juga mendapatkan ganti rugi. Saat kedatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pengerjaan Waduk, warga meminta agar masalah pembebasan tanah segera terselesaikan.

Ali Rahman Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Waduk dari Balai Besar Bengawan Solo menjelaskan sudah menyiapkan anggaran untuk pembebasan lahan warga yang terkena proyek pembangunan waduk.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan waduk, Ali Rahman dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo berharap agar proses pengukuran lahan milik warga yang terkena proyek waduk Gondang segera dilaksananakan.

“Kita sudah menyiapkan anggaran untuk pembebasan lahan warga yang terkena proyek pembangunan waduk,” jelasnya di Karanganyar Jawa Tengah, Sabtu (31/1/2015).

Saat ini terang Ali, pihak BPN sedang melakukan melakukan pengadaan tanah mulai berjalan awal Januari lalu. Sehingga bulan Februari BPN sudah melakukan pengukuran lokasi dan pembentukan satgas pembebasan tanah.

“Nanti akan ada tim appraisal yang akan menilai. Tim appraisal memiliki banyak parameter terkait, NJOP, harga pasar, harga bangun dan sebagainya,” lanjutnya.

Waduk Gondang berlokasi di di Desa Ganten, Kecamatan Kerjo memiliki total luas 88 hektare. Terdiri dari tanah warga sebesar 38,67 hektare kemudian tanah PTP IX Kerjoarum seluas 43,87 hektare.

Nantinya jika sudah selesai pengerjaanya Waduk Gondang diperkirakan mampu menampung 10 juta meter kubik air untuk distribusi sebanyak 4.680 hektar lahan pertanian. (BJ24)

Advertisements