Home Lintas Jateng Pembangunan Tol Batang-Semarang, 879 Warga Purwoyoso Terima Uang Ganti

Pembangunan Tol Batang-Semarang, 879 Warga Purwoyoso Terima Uang Ganti

Pembangunan Tol Batang-Semarang, 879 Warga Purwoyoso Terima Uang Ganti

Semarang, 20/10 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 879 warga Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan mendapatkan ganti kerugian atas pelepasan hak atas tanah, bangunan, tanaman yang terkena pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Batang-Semarang Seksi II.

Selama tiga hari sejak tanggal 17 Oktober 2016 adalah tahap pertama pemberian pembayaran ganti rugi, dengan total 584 bidang tanah dari 785 bidang tanah di Kelurahan Purwoyoso. Warga mengantri untuk dipanggil satu persatu dengan membawa syarat bukti kepemilikan tanah sebagai pengganti pembayaran ganti rugi di Aula Kecamatan Ngaliyan.

“Alhamdulillah warga Purwoyoso sangat mendukung proyek jalan tol ini sehingga tak ada kendala dalam pembebasan lahan dan proses penggantian ganti ruginya,” terang Basuki Suprapto, Lurah Purwoyoso.

Dikatakannya, wilayah Purwoyoso meski 90 persen adalah pemukiman warga namun tak ada kendala berarti baik harga tanah dan proses syarat administrasinya. “Paling tiga 3-10 persen saja yang tanah tegalan, kebanyakan pemukiman dan perumahan dan biasanya potensi konflik sangat terbuka tapi warga kami sangat memahami dan bisa mengerti,” katanya.

Sementara, Merry Suwito Sekretaris Kecamatan Ngaliyan menyampaikan sudah ada tiga kelurahan wilayahnya yang sudah dilakukan pembebasan dan pembayaran ganti rugi lahan yakni kelurahan Wonosai, Gondoriyo, dan Kelurahan Ngaliyan. Sementara sisa tiga kelurahan masih dalam proses apraisal yakni kelurahan Tambak Aji, Bambankerep, dan Kembang Arum.

“Tiga kelurahan sisanya sedang apraisal lalu kita akan sosialisasikan dengan musyawarah dan lakukan proses pembayaran ganti ruginya,” tambahnya.

Terpisah, Sekretaris Pelaksana Pengadaan Tanah (P2T) Tol Batang-Semarang Seksi II, B Wibowo Suharto menyampaikan dari 879 warga akan dibayarakan Rp 469,6 miliar selama tiga hari, dengan pembebasa lahan seluas 93.285 meter pesegi dan masih menyisakan sekitar 200 an bidang tanah. Total dana pembayaran ganti rugi Seksi II sebanyak Rp 2,8 triliyun dari APBN, dan sudah terserap sekitar Rp 1,1 triliyun.

“Hanya saja dari 200an sisa bidang tanah ada beberapa bidang tanah warga yang memiliki sisa tanah dan warga menginginkan harus kita beli, ini kita kaji dan sedang dibentuk Tim Kajian Tanah Sisa. Kita menunggu Tim tersebut untuk apraisal, jadi tak ada kendala,” katanya.

Lanjutnya, sisa tiga kelurahan yang dalam proses apraisal akan dikebut sampai November dan akan langsung diberikan dana pengganti lahan ganti rugi.

“Total progres sudah 50 persen terbebaskan, kita start mulai Oktober 2015. Sedangkan untuk lahan pembebasan di Kendal, Batang, Pekalongan, dan Brebes sudah beres,” imbuhnya. (Bj05)

Advertisements