Home Ekbis Pembangunan Pasar Darurat Klewer Tinggal Persetujuan Kraton

Pembangunan Pasar Darurat Klewer Tinggal Persetujuan Kraton

Pasar Darurat Klewer

Solo, 26/1 (BeritaJateng.net) – Pembangunan Pasar Darurat bagi pedagang Pasar Klewer yang kiosnya terbakar beberapa waktu lalu sudah siap dilaksanakan. Hanya tinggal menunggu ijin dari pihak Kraton Solo, dalam hal ini ijin dari PB XIII Hangabehi selaku raja Solo.

Walikota Solo FX Hadi Rudiyatmo mengaku pembangunan pasar darurat sudah siap. Tinggal nunggu ijin dari pemilik tempat, yakni Kraton Solo. Sedangkan sumber dana pembangunan pasar darurat sudah diperoleh dari sejumlah Corporate Social Responsibility (CSR), Pemrov, Pemkot dan juga dari bebarapa perbankan.

Antara lain, ungkap Rudi dari Pemprov Jateng sebesar Rp 9,5 miliar dan Corporate Social Responsibility (CSR) perbankan dan perusahaan. Di antaranya dari CSR Bank BRI Rp 3,4 miliar, PT Sritex Rp 500 juta, Bank BCA Rp 100 juta dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rp 1 miliar.

“Sisanya kekurangan dana pembangunan Pasar Darurat diambilkan dari APBD Kota Solo,” jelas Rudi belum lama ini.

Pembangunan pasar darurat saat ini masih menunggu, ijin dari pihak Kraton Solo. Namun justru saat ini dilokasi Pegelaran Kraton Solo dan di sisi barat alun-alun utara Kraton Solo, tepatnya di depan Masjid Agung Solo, justru pihak Kraton sedang membangun pasar darurat.

Dari Pantauan BeritaJateng, nampak beberapa pekerja sedang mendirikan bangunan di sepanjang pinggiran alun-alun dan di dalam lokasi pagelaran Kraton Solo untuk disewakan pada pedagang yang ada di sekitar lokasi alun-alun utara.

Ketika ditanyakan pada Marjuki, salah satu pedagang yang ada di lokasi, siapa yang sedang membangun petak-petak bangunan yang nantinya akan disewakan, ternyata itu bangunan milik Kraton.

“Itu yang membangun Kraton Solo, rencananya nanti akan disewakan pada pedagang sambil menunggu pasar darurat selesai dibangun,” jelasnya. (BJ24)

Advertisements