Home Nasional Pemanfaatan Potensi Kekayaan Laut Indonesia Masih Minim

Pemanfaatan Potensi Kekayaan Laut Indonesia Masih Minim

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 28/5 (BeritaJateng.net) – Luas lautan Nusantara yang mencapai lebih dari 70 persen merupakan kekayaan potensial milik Indonesia. Bahkan, data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebutkan wilayah Mega-Biodiversity merupakan yang terbesar di dunia, karena memiliki 8.500 spesies ikan, 550 spesies rumput laut dan 950 spesies biota terumbu karang. Namun potensi yang besar itu, ternyata baru dimanfaatkan sekitar lima persen saja.

Pernyataan itu dikatakan Ketua Tim Pakar Indofood Riset Nugraha Profesor Winarno, kepada mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Diponegoro.

Menurut Profesor Winarno, peluang pengembangan dan pengolahan pangan yang bersumber dari kekayaan laut Nusantara masih terbuka lebar. “Misalnya kekayaan laut berupa ikan yang merupakan sumber protein hewani menjadi konsumsi terbesar masyarakat Indonesia yaitu sekitar 57,2 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Profesor Winarno menjelaskan, dengan mengajak mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Undip, diharapkan para mahasiswa itu bisa mengolah potensi kekayaan laut Indonesia. (Bj23)