Home Hiburan Peluang Usaha Menggiurkan Beternak Burung Mungil

Peluang Usaha Menggiurkan Beternak Burung Mungil

Peluang Usaha Menggiurkan Beternak Burung Mungil

SEMARANG, 24/01 (BeritaJateng.net) – Hewan peliharaan yang dikenal dengan kesetiaannya terhadap pasangannya ini, menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan bilamana menekuninya. Seperti yang dilakukan salah satu warga Kota Semarang, Jawa Tengah, yang sampai merubah sebagian petak warung makan miliknya menjadi sangkar ternak hewan peliharaan yang memiliki nilai jual tinggi.

Suyono, pria berusia 59 tahun ini, mulai menggeluti usaha ternak burung love bird yang dikenal setia pada pasangannya ini, beberapa bulan yang lalu. Sangkar ternak burung love bird, dibuatnya didalam warung makannya yang berada di belakang rumahnya.

Menurut pria pensiunan PNS tersebut, perlu ketelatenan, ketekunan serta kesabaran dalam berternak burung love bird ini. Sebab, burung dengan nama ilmiah Agapornis ini, selektif dalam memilih pasangannya.

“Ya harus sabar, telaten mengamati perkembangan burungnya. Kan burung love bird nya disebar (diumbar) di sangkar, kalau belum berpasangan, ya harus diamati mana yang nantinya bakal jadi pasangannya. Sebelum itu, dasarnya kita harus bisa membedakan jenis kelamin burung love bird nya dahulu. Kalau belum tahu, asal disebar atau dijodohkan, ternyata jenis kelaminnya sama. Kan tidak bakalan jadi,” terangnya.

Suyono, pria lanjut usia yang berternak burung love bird di dalam warung miliknya, mengamati perkembangan ternaknya.
Suyono, pria lanjut usia yang berternak burung love bird di dalam warung miliknya, mengamati perkembangan ternaknya.

Selain itu, jika ingin mendapatkan anakan atau keturunan burung love bird yang istimewa dan menjadi burung love bird yang nantinya mahal harganya, perlu menjodohkan burung love bird yang bagus dan berkualitas juga.

“Jadi kalau indukan (pasangan) burung love bird itu jenisnya biasa saja, ya bisa jadi anaknya ya biasa-biasa saja. Kalau burungnya bagus dan berkualitas, apalagi pasangannya juga sama, bisa jadi anakannya nanti, bagus dan berkualitas. Namun, itu tidak juga jadi jaminan,” jelas Suyono.

Burung yang memiliki ukuran tubuh 13-17 cm, dengan beraneka macam jenis dan warnanya, menjadikan burung ini memiliki harga jual yang cukup menggiurkan. Oleh sebab itu, banyak kalangan yang kini mencoba usaha ternak burung love bird dengan berlomba memadukan jenis burung maupun warnanya untuk mendapatkan burung love bird bernilai jual tinggi.

Harga jual burung love bird tergantung dari jenis dan warna yang dimilikinya, harganya mencapai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Bahkan, untuk jenis yang langka ataupun warnanya yang menarik, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Selain itu, suara yang dikeluarkan burung yang satu ini juga memiliki khas tersendiri. Kicauannya pun juga ikut menentukan harga jualnya.

Suyono bersama anak-anaknya, kini sudah memiliki 6 pasang burung love bird yang sudah siap produksi telur. Jenisnya pun juga beraneka ragam, mulai dari albino, cobalt, muka merah, dan masih banyak yang lainnya. (ED/EL)

Advertisements