Home Ekbis Pelayanan PDAM Tirta Moedal Tetap Beroperasi Selama PPKM Darurat

Pelayanan PDAM Tirta Moedal Tetap Beroperasi Selama PPKM Darurat

Instalasi Pengolahan Air (IPA) mobil yang dimiliki PDAM Tirta Moedal Kota Semarang

Semarang, 8/7 (BeritaJateng.net) – Pelayanan air bersih PDAM Moedal Kota Semarang tetap berjalan selama PPKM Darurat. Apalagi, air bersih menjadi  bidang usaha kategori sektor kritikal dalam Perwal 41/2021.

Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Yudi Indardo mengatakan, PDAM tetap optimal meskipun harus menyesuaikan PPKM Darurat.

Hal ini mengingat kebutuhan air bersih di masa pandemi Covid-19 ini justru sangat vital.

“Tentunya kami harus terus meningkatkan pelayanan agar suplai air tetap lancar diterima pelanggan. Saat ini kegiatan pelayanan tetap kita optimalkan dan saya selalu mengingatkan jajaran untuk bekerja dengan selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” papar Yudi, dalam rilis tertulis, Kamis (8/7/2021).

Mengenai penyerapan produksi SPAM Semarang Barat, Yudi mengatakan, saat ini produksi IPA Jatibarang proyek KPBU SPAM Semarang Barat difokuskan melayani wilayah area eksisting dan pengalihan aliran (switching).

Sebelum masa PPKM Darurat, giat melaksanakan sosialisasi di kelurahan- kelurahan.

Menurutnya, kepeminatan warga cukup bagus.

Namun, adanya pembatasan, PDAM tetap melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan jejaring media sosial, pemasangan spanduk sosialisasi, dan mengimbau pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui aplikasi-aplikasi PPOB, melaporkan stand meter mandiri.

“Kami sediakan layanan khusus pendaftaran sambung baru online melalui website www.pdamkotasmg.co.id, sehingga anjuran pichycal distancing tetap terjaga,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yudi memaparkan, PDAM juga membuat kebijakan terkait pelanggan pasif dimana rekening tunggakan dari tahun 2000 – 2016 diberikan diskon khusus 50 persen untuk rekening tunggakan serta bebas denda.

Tunggakan dari 2017 hingga 2018 diberikan keringanan bebas denda.

“Keduanya masih kami berikan potongan harga Rp 400 ribu untuk biaya buka kembali, tentunya kami berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang dulunya pernah berlangganan dan ingin bergabung kembali dengan pelayanan kami mengingat program ini kami berikan hingga tanggal 31 Desember 2021,” terangnya.

Yidi memastikan pasokan air baku, proses produksi hingga distribusi air tidak ada kendala.

Dia meminta semua pelanggan bisa mencari informasi maupun melakukan pengaduan melalui call center dengan nomor bebas pulsa 08001503888 agar setiap keluhan yang disampaikan dapat termonitor. (Ak/El)