Home Headline Pelantikan Anggota Baru DPRD Jateng 3 September

Pelantikan Anggota Baru DPRD Jateng 3 September

565

SEMARANG, 25/7 (Beritajateng.net) – Sebanyak 120 Anggota DPRD Jawa Tengah hasil Pemilu Legislatif 2019 yang lalu, rencananya akan dilantik pada tanggal 3 September mendatang. Berbagai persiapan jelang pelantikan sudah mulai dilaksanakan oleh Sekretariat DPRD Jateng.

Sekretaris DPRD Jawa Tengah Urip Sihabuddin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan segala fasilitas menyambut pelantikan Anggota DPRD Jateng periode 2019 – 2024. Sarana Prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut juga sudah mulai disiapkan.

“Kami sudah siapkan segala sesuatunya untuk pelantikan tanggal 3 September. Insya Allah semua lancar,” ungkapnya saat dihubungi di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

Urip menjelaskan, beberapa hal yang sudah mulai disiapkan adalah penataan ruang baik Fraksi maupun Komisi mengingat jumlah Anggota DPRD Jateng periode 2019-2024 jumlahnya lebih banyak dibanding periode 2014 – 2019.

“Periode depan jumlahnya 120 orang dibanding sekarang yang berjumlah 100. Artinya ada penambahan 20 orang, maka beberapa ruang harus disesuaikan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, hasil Pemilu Legislatif April 2019 yang lalu, PDI Perjuangan mengalami kenaikan yang cukup banyak yakni dari 27 orang menjadi 42 orang. Dengan demikian ruang Fraksi PDI Perjuangan juga ditata ulang agar bisa menampung seluruh anggota fraksi. Fraksi lain yang juga mengalami penambahan jumlah anggota adalah Fraksi PKB dari 13 menjadi 20 orang. Sedangkan fraksi fraksi lainnya relatif tidak mengalami perubahan yang banyak.

“Khusus untuk Fraksi PDI Perjuangan dan PKB karena jumlahnya naik cukup banyak maka perlu perluasan ruangan dan penambahan meja kursi,” bebernya.

Pelantikan anggota baru, tambah Urip, akan dihadiri undangan sekitar 500 orang yang terdiri dari Forkopimda Jateng, Instansi Vertikal, BUMN yang ada di Jateng, ketua ketua partai politik dan keluarga anggota DPRD. Sedangkan yang akan melantik anggota baru adalah Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.

“Mengingat banyaknya undangan yang hadir maka kami juga menyediakan beberapa layar lebar agar prosesi pelantikan bisa disaksikan langsung bagi yang berada di luar Ruang Paripurna,” tambahnya.

(NK)