Home Hukum dan Kriminal Pelaku Teror Bom Sarinah Diduga Sel ISIS Asia Tenggara Pimpinan Bahru Nain

Pelaku Teror Bom Sarinah Diduga Sel ISIS Asia Tenggara Pimpinan Bahru Nain

 

Jakarta, 14/1/16 (BeritaJateng.net) – Pasca dilumpuhkannya para pelaku pembom Sarinah, Pengungkapan identitas dari jaringan pelaku sudah mulai terkuak.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan kelompok pelaku teror di Sarinah merupakan sel kelompok ISIS di Asia Tenggara yang dipimpin oleh Bahrun Nain. Jaringan ISIS di Indonesia dibentuk berdasarkan perintah dari pimpinan kelompok ISIS Abu Bakar al Baghdadi.

“Jadi jaringan pelaku masih berhubungan dengan jaringan ISIS di Raqqa (Suriah), dulu strateginya hanya beroperasi di Syrian dan Irak kemudian ada perintah dari Abu Bakar Baghdadi untuk membentuk cabang-cabang di seluruh dunia termasuk di Asia Tenggara. Untuk Asia Tenggara sel-selnya salah satunya ada di Indonesia. Di asia tenggara Bahrun Nain ingin mendirikan Qatibah Nusantara. Jadi kelompok-kelompoknya sudah kami ketahui dan lakukan pengejaran,” ujar Tito di Istana negara, kamis (14/1/16).

Sebelumnya Wakapolri Komjen Budi Gunawan juga membenarkan bahwa kelompok teror yang beraksi di Ibu Kota hari ini, ada hubungannya dengan kelompok radikal ISIS. Hasil deteksi Polri diketahui ada komunikasi antara kelompok Bahrun Nain dengan kelompok Abu Jundi dari Solo.(bj50)