Home Nasional Pelaku Pembuat Berita Hoax Harus Diberi Sanksi

Pelaku Pembuat Berita Hoax Harus Diberi Sanksi

Semarang, 10/2 (Berita Jateng.net) – Seketaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono berharap agar ada tindakan tegas pelaku pembuat Berita Hoax yang disebarkan di media sosial, karena selama ini Ia menilai jika Pemberlakuan UU ITE belum memberikan efek jera bagi pelaku dan oknum lainnya.

Perayaan Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke 71 kemarin dilaksanakan di Gedung PWI jawa Tengah di Semarang yang dihadiri Sekda Provinsi Jawa Tengah  Sri Puryono dan sejumlah wartawan Senior.

“PWI mesti membangun dan membentuk Jurnalis yang Cerdas, Berintegritas dan Bermatabat meski bukan pekerjaan yang mudah  namun hal itu menjadi tantangan,” ujar Sri.

Pihaknya menyebutkan dengan mengadakan sekolah jurnalistik antara PWI dengan salah satu Universitas Swasta di Semarang dapat menjadi cara mencetak jurnalis yang berkompeten, bahkan Gubernur pun juga telah menginstruksikan untuk dapat memfasilitasi sekolah jurnalistik.

Sri Puryono menyebutkan jika dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini perkembangan Media di jawa tengah cukup signifikan, dalam kerjanya insan Pers selalu menghimpun informasi yang ada dengan klarifikasi dan verifikasi sehingga memuat informasi yang dapat mencerdaskan masyarakat.

Sementara terkait dengan fenomena berita Hoax Pihaknya menegaskan selama ini dijawa tengah belum ada, sedangkan menyikapi informasi yang tidak jelas sumbernya itu, aparat penegak hukum diminta dapat menindak tegas pelaku pembuat berita Hoax.

Sementara itu Ketua Wakil Ketua Bidang organisasi PWI Jawa tengah Gunawan Permadi menuturkan saat ini masyarakat sudah pintar dan kritis dalam menilai sebuah informasi yang beredar di media sosial yakni terkait dengan sumber informasi tersebut.

Menurutnya pada prosesnya nanti masyarakat akan semakin teliti dan jeli membedakan mana yang Hoax ataupun bukan terlebih berita hoax ini sangat identik dengan kepentingan politik.

“Dengan adanya gerakan masyarakat anti berita Hoax dan Kabar Bohong pihaknya sangat mengapresiasi kesadaran dari masyarakat yang sudah cerdas dalam menilai sebuah berita,” ujar Gunawan Permadi.

Meski diakuinya Kabar bohong merupakan suatu hal yang alamiah namun saat ini sangat mengganggu sekali karena sudah terlalu besar dan tersebar secara luas tanpa kontrol sehingga membuat keresahan masyarakat. (El)

Advertisements