Home Lintas Jateng Pelajar Magelang Tebar Benih Ikan di Sungai Jlegong

Pelajar Magelang Tebar Benih Ikan di Sungai Jlegong

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Magelang, 28/2 (BeritaJateng.net) – Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menebar ribuan ekor benih ikan di Sungai Jlegong dalam kampanye konservasi sungai bertema “Ayo Kembalikan Ikan ke Sungai”.

Kepala SMP Negeri 1 Salam Atmi Tri Wigati di Magelang, Sabtu, mengatakan pada kegiatan ini ditebar sekitar 6.200 ekor benih ikan terdiri atas ikan tawes, graskap, dan nila.

“Kegiatan ini untuk membimbing para siswa menjadi pelopor pelestari lingkungan, terutama menjaga sungai agar tidak terkena polusi misalnya sampah atau limbah sehingga ekosistem yang ada tetap lestari,” katanya.

Ia mengatakan kelestarian alam atau ekosistem sungai akan membawa kesejahteraan untuk masyarakat sekitar sungai.

“Kami minta para pelajar menjadi pelopor, ajak masyarakat untuk tidak lagi nyetrum dan meracuni ikan. Biarkan ikan tumbuh besar nanti silahkan dipancing untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan kampanye konservasi ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat ramai-ramai menebar ikan ke sungai. Kegiatan ini didasari keprihatinan atas kondisi sungai di Kabupaten Magelang yang penuh sampah dan tidak lagi menjadi habitat ikan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Eko Triyono mengapresiasi konservasi sungai yang digelar SMPN 1 Salam bekerja sama dengan Disdikpora dan Jagad Suaka ini.

Ia mengatakan alam harus dilestarikan karena menjadi sumber kehidupan. Manfaat pelestarian ikan tidak hanya diterima pelajar namun seluruh masyarakat. (ant/BJ)