Home Ekbis Pelabuhan Kendal Siap Dioperasikan

Pelabuhan Kendal Siap Dioperasikan

image
Gerbang masuk ke Pelabuhan Kendal. Bupati Kendal Widyakandi menyatakan Pelabuhan Kendal sudah siap dioperasikan. Foto/Ist

Semarang, 5/1 (Beritajateng.net)  – Pembangunan berbagai sarana fisik pelabuhan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sudah selesai sehingga pelabuhan tersebut siap dioperasikan dalam waktu dekat, kata Bupati Kendal Widya Kandi Susanti.

“Secara fisik semua siap digunakan karena infrastruktur jalan dan bangunan di Pelabuhan Kendal sudah bagus, bahkan sudah dilakukan uji coba merapatnya kapal cepat rute Kendal-Karimunjawa,” katanya di Semarang, Senin.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kendal usai menghadap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di ruang kerjanya, terkait dengan rencana pengoperasian Pelabuhan Kendal.

Widya mengaku menemui Gubernur Jateng untuk mendesak agar izin operasional Pelabuhan Kendal dapat segera turun.

Kendati demikian, orang nomor satu di Kabupaten Kendal itu mengakui masih ada beberapa kendala terkait dengan pengoperasian Pelabuhan Kendal selain izin operasional.

“Sejumlah kendala yang ada sekarang, antara lain minimnya sumber daya manusia sebagai penyelenggara pelabuhan dan belum adanya kendaraan angkutan dari dan ke Pelabuhan Kendal, serta belum lengkapnya lokasi perniagaan,” ujarnya.

Menurut dia, kendala-kendala tersebut akan secepatnya diatasi sehingga pengoperasian Pelabuhan Kendal dapat dilakukan pada tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Jawa Tengah Urip Sihabudin yang dihubungi terpisah menjelaskan pengoperasian Pelabuhan Kendal secara resmi menunggu surat keputusan dari Kementerian Perhubungan terkait dengan penetapan trayek.

“Pelabuhan Kendal mendesak untuk segera dioperasikan mengingat tingginya jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” katanya.

Waktu tunggu penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kata dia, bisa mencapai empat hari sehingga adanya pengoperasian Pelabuhan Kendal dapat menjadi alternatif bagi masyarakat.

Terkait dengan rencana pengoperasian dan pengembangan Pelabuhan Kendal, Pemprov Jateng masih akan memberikan dukungan finansial yang berasal dari APBD Jateng 2015.

Usulan alokasi anggaran untuk Pelabuhan Kendal yang disiapkan Rp13,75 miliar dengan rincian Rp10 miliar untuk pembangunan jalan masuk sepanjang 1,2 kilometer dan Rp3,75 miliar untuk penyelesaian sisa lapangan penumpukan barang seluas 23 x 200 meter. (Ant/Bj02)