Home Headline Pekalongan Terima Bantuan “Tecno Park”

Pekalongan Terima Bantuan “Tecno Park”

Ilustrasi

IlustrasiPekalongan, 29/1 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menerima bantuan “techno park” bidang maritim dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi senilai Rp6 miliar hingga Rp10 miliar.

Wali Kota Pekalongan Basyir Achmad di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa bantuan “techno park” dari BPPT tersebut direncanakan akan diserahkan pada Februari 2014.

“Kami dengan BPPT akan segera membangun “techno park” bidang maritim. Hal ini nantinya akan disinergikan dengan proyek minapolitan yang sudah lebih dulu dicanangkan,” katanya.

Menurut dia, megaproyek kawasan minapolitan yang dicanangkan Pemerintah Pusat dengan Pemkot Pekalongan pada 2011 kini mulai menunjukkan hasil.

“Hasil tersebut, salah satunya terlihat dari pendapatan asli daerah (PAD) dari lelang ikan yang selalu melebihi target,” katanya.

Ia mengatakan proyek minapolitan dikerucutkan menjadi 12 kota dari sebelumnya sebanyak 50 kota se-Indonesia dan Pekalongan adalah salah satu yang masuk dalam 12 kota tersebut.

“Pemkot masuk dalam 12 kota yang menjalankan proyek minapolitan dan kini sudah menunjukkan hasilnya dengan dibuktikan PAD dari sektor lelang ikan selalu mencapai target,” katanya.

Menurut dia, ada dua bagian yang dikerjakan untuk proyek minapolitan yaitu pemkot membuat zona pendukung sedangkan pusat dan Provinsi Jateng membangun zona inti.

Zona pendukung yang diupayakan oleh pemkot, kata dia, meliputi infrastruktur yang baik dan penanganan rob, serta pembuatan tambak dari sawah yang tidak bisa dipakai untuk lahan pertanian.

“Kami fokus menggarap zona pendukung untuk proyek minapolitan sedangkan zona intinya akan dikerjakan oleh Pemprov Jateng dan Pusat,” katanya.(ant/bj02)

Advertisements