Home Ekbis Pekalongan Jamin Stok Elpiji 3 Kg Aman Hingga Akhir Desember

Pekalongan Jamin Stok Elpiji 3 Kg Aman Hingga Akhir Desember

Pekalongan, 10/12 (Beritajateng.net)– Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menjamin pasokan elpiji tiga kilogram bersubsidi hingga akhir Desember 2014 masih aman.

Kepala Sub Bagian Sumber Dalam Alam Bagian Perekonomian Kabupaten Pekalongan, Arif Rahman di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa pada 2014, pemkab mendapatkan pasokan elpiji tiga kilogram sebanyak 6.944.742 tabung atau sekitar 578 ribu per bulan.

“Oleh karena itu, kami jamin pasokan elpiji tiga kilogram untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 masih relatif aman,” katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, agen dan pengecer elpiji diharapkan hanya melayani pembelian dari konsumen setempat karena setiap wilayah sudah memiliki rayonisasi.

“Sudah ada rayonisasi mengenai masalah distribusi elpiji. Oleh karena itu, kami berharap para agen dan pengecer hanya melayani konsumen di Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Ia mengingatkan pada masyarakat bahwa sesuai Surat Keputusan Bupati Pekalongan disebutkan harga eceran tertinggi (HET) elpiji tiga kilogram yang mengacu pada Keputusan Gubernur Jateng Nomor 541 Tahun 2014 sebesar Rp16 ribu/ tabung.

“Oleh karena itu, kami akan terus melakukan pengawasan terhadap distribusi elpiji sebagai upaya menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Pengecer elpiji, Rondiyah mengatakan harga jual elpiji di tingkat pengecer sekitar Rp16.500/ tabung “Masalah harga elpiji juga melihat jarak tempuh. Namun mengenai masalah pasokan elpiji masih relatif aman,” katanya.(ant/pj)