Home Lintas Jateng Pekalongan Dirikan Posko Siaga Bencana

Pekalongan Dirikan Posko Siaga Bencana

image

Pekalongan, 21/11 (Beritajateng)– Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mendirikan posko siaga bencana sebagai upaya melayani informasi masyarakat saat terjadi bencana alam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujadmiko di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa posko tersebut bertujuan memudahkan masyarakat untuk melaporkan suatu kejadian bencana alam.

“Posko yang didirikan sejak awal November 2014 ini akan melayani informasi dari masyarakat selama 24 jam. Kami akan menindaklanjuti setiap laporan dari masyarakat yang daerahnya terjadi bencana,” katanya.

Menurut dia, petugas BPBD akan memantau perkembangan kondisi iklim dan melaporkan apakah terjadi bencana atau tidak setiap tiga kali dalam sehari.

“Informasi kondisi iklim ini, kami berharap bisa memberikan kenyamanan disaat situasi tenang dan persiapan warga ketika ada kerawanan bencana,” katanya.

Ia mengatakan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kerawanan bencana alam, BPBD juga melakukan sosialisasi ke sekolah tentang penanggulangan bencana.

“Kami akan memberikan pengetahuan tentang tanda-tanda munculnya bencana agar mereka dapat mengantisipasi jatuhnya korban sejak dini,” katanya.

Program sosialisasi bencana itu, kata dia, juga diberikan kepada masyarakat terutama di daerah yang wilayahnya rawan terjadi bencana alam seperti banjir, tanah lonsor, dan angin kencang.(ant/pj)