Home Lintas Jateng Pejabat Setda Purbalingga Jalani Tes Urine Spontan

Pejabat Setda Purbalingga Jalani Tes Urine Spontan

Purbalingga, 4/12 (Beritajateng.net) – Puluhan pejabat struktural di lingkungan Sekretariat Daerah Purbalingga, Jawa Tengah, menjalani tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional etempat guna mendukung program Indonesia Bebas Narkoba 2015.

Tes urine yang dilaksanakan di Aula Ardilawet Kompleks Setda Purbalingga, Kamis, diikuti para pejabat eselon IV hingga eselon II.

Sekretaris Daerah Purbalingga Imam Subijakto mengatakan bahwa tes urine tersebut ditujukan agar aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Purbalingga bebas dari narkoba.

“Juga untuk mendukung program Indonesia Bebas Narkoba 2015,” katanya.
Menurut dia, tes urine tersebut dilaksanakan secara spontan agar tidak ada rekayasa.

Ia mengharapkan seluruh hasil tes urine yang dijalani para pejabat struktural itu negatif.

Akan tetapi jika ada yang positif menggunakan narkoba, kata dia, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan BNN Kabupaten Purbalingga agar yang bersangkutan direhabilitasi.

“Kalau toh ada, karena sedang mengonsumsi obat dari resep dokter,” katanya.
Sementara itu, Kepala BNN Kabupaten Purbalingga Edy Suyanto mengatan bahwa pelaksanaan tes urine tersebut untuk memberikan teladan kepada masyarakat agar terbebas dari narkoba.

Berdasarkan pantauan BNN, kata dia, gejala penyalahgunaan narkoba telah merambah ke pelosok desa seperti di Kecamatan Karangreja, Bobortsari, Karanganyar, dan Rembang. “Purbalingga belum aman dari narkoba,” katanya.

Bahkan, kata dia, salah seorang pemuda di sebuah desa telah mengonsumsi narkoba selama lima tahun.

Atas kesadaran orang tuanya, lanjut dia, pemuda itu telah menjalani program rehabilitasi.

Berdasarkan data, pelaksanaan tes urine diikuti 37 pejabat struktural di lingkungan Setda Purbalingga dan hasilnya negatif.(ant/pj)