Home News Update Pejabat Sementara Wali Kota Semarang Dilantik Usai Lebaran

Pejabat Sementara Wali Kota Semarang Dilantik Usai Lebaran

image

SEMARANG, 6/7 (Beritajateng.net) – Masa jabatan Wali kota Semarang Hendrar Prihadi akan berakhir pada 19 Juli mendatang dan bertepatan dengan libur idul Fitri tahun ini. Oleh karena itu pelantikan pejabat sementara Wali kota Semarang akan dilakukan setelah libur lebaran.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, sudah mengirimkan data pegawai  yang akan diusulkan menjadi  Pjs kepala daerah ke Kemendagri  di lima kabupaten/kota.  “Sudah, saya sudah kirimkan ke Kemendagri, untuk lima daerah  yang paling  awal, mudah-mudahan  lebih cepat (persetujuannya),” katanya di Semarang, Senin (6/7).

Lima daerah yang akhir masa jabatan (AMJ) kepala daerahnya hampir habis adalah Wali Kota Semarang (19 Juli 2015), Bupati Rembang (20 Juli 2015), Bupati Purbalingga (27 Juli 2015), Bupati Kebumen (23 Juli 2015) dan Wali Kota Solo (28 Juli 2015).

Hanya saja, Ganjar enggan menyebutkan siapa nama pejabat yang diusulkan menjabat kepala daerah di lima daerah itu.

Khusus Kota Semarang, lanjut dia, Sebelum PjSnya dilantik akan ditunjuk pelaksana harian (PlH) “Rencananya, pelaksana harian Wali kota itu akan diambilkan dari pejabat Pemkot Semarang, sedangkan Pejabat Sementara akan diambilkan dari Pemprov Jateng,” jelasnya.

Sebelumnya, sekitar 25 pejabat telah dikumpulkan oleh Gubernur untuk diberikan penjelasan. Mereka adalah kepala pejabat  eselon II dengan golongan IVD dan IVC. Dari jumlah itu, ada 17 orang yang dipersiapkan menjadi Pjs kepala daerah.

Sementara, anggota komisi A DPRD Jateng, Sriyanto Saputro mengaku, memaklumi bila pelantikan Pjs di Kota Semarang diundur pasca lebaran, karena habisnya tepat pada hari libur.”Tapi begitu jam kerja masuk harus segera dilantik, jangan menunda-nunda,” kata dia.(BJ13)