Home Ekbis Pegadaian Kota Pekalongan Targetkan Pertumbuhan Pendapatan 20 Persen

Pegadaian Kota Pekalongan Targetkan Pertumbuhan Pendapatan 20 Persen

image
Pekalongan, 18/3 (Beritajateng.net)- Perusahaan Terbatas Pegadaian Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menargetkan pertumbuhan pendapatan pada tahun 2015 mencapai 20 persen atau naik dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp177 miliar.

Kepala Pegadaian Cabang Alun-ALun Pekalongan Cipto Gupito di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa realisasi target pendapatan pada 2014 sekitar Rp180 miliar.

“Oleh karena itu, pada tahun 2015, kami menargetkan pertumbuhan pendapatan naik 20 persen dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

Menurut dia, pada tahun 2014, Pegadaian Kota Pekalongan mampu menduduki peringkat kedua se- Kantor Wilayah Jawa Tengah.

“Ada pun target yang ditentukan untuk realisasi penyaluran kredit bisa hingga sekitar Rp200 miliar,” katanya.

Ia mengatakan bahwa saat ini produk gadai emas merupakan layanan yang paling banyak diminati masyarakat.

“Jika dilihat kontribusi gadai emas mencapai lebih 90 persen dibandingkan gadai kendaraan dan barang lainnya,” katanya.

Namun demikian, kata dia, dengan turunnya harga emas pada pertengahan Maret 2015 menyebabkan animo masyarakat menggadaikan emasnya sedikit berkurang.

“Rendahnya harga emas mengakibatkan masyarakat kurang antusias untuk mendapatkan pinjaman kredit dari gadai emas,” katanya.

Ia mengatakan hingga pertengahan Maret 2015, realisasi penyaluran kredit belum sesuai dengan yang diharapkan karena dari target bulanan baru mencapai 75 persen.

“Jumlah ini belum bisa menutup 100 persen dari target yang ditentukan. Kami berharap kondisi ini tidak akan berangsur lama karena harga emas biasanya akan kembali naik ketika jelang Lebaran,” katanya.(ant/BJ)