Home Lintas Jateng Pedagang Pasar Klewer Tolak Relokasi ke Benteng Vastenberg

Pedagang Pasar Klewer Tolak Relokasi ke Benteng Vastenberg

SOLO, 1/1 (Beritajateng.net) – Rencana Pemkot Solo untuk merelokasi sementara para pedagan pasar Klewer Solo ke Beteng Vastenberg mendapatkan pertentangan dari para pedagang.

Para pedagang justru berharap pembangunan pasar darurat di lokasi alun-alun utara kota Solo. Alasannya karena lokasi tersebut dekat dengan Masjid Agung.

Menurut anggota Komisi XIII DPR-RI dari Partai Golkar, Endang Srikanti Handayani usai melakukan pertemuan dengan para pedagang pasar Klewer mengaku, pasar darurat memang harus segera dibangun agar  pedagang bisa segara beraktifitas kembali.

Dia menegaskan, Walikota harus memenuhi keinginan para pedagangan untuk membangun pasar darutat di Alun-alun Utara. “Aspirasi para pedagang harus dipenuhi,” tandasnya.

Senada dengan Endang, Wakil Ketua DPRD Solo dari Fraksi PAN, Umar Hasyim, mengamini keinginan pedagang agar di bangun pasar darurat di Alun-alun Utara.
Umar Hasyim yang juga pengusaha batik ini mengatakan, mengingat alun-alun merupakan hal milik keraton, maka pihaknya akan meminta agar pihak keraton mengizinkan penggunaan alun-alun utara. Terpisah, KP Satriyo Hadinagoro, mewakili kerabat Keraton Surakarta, secara tersirat menyatakan keberatan jika pembangunan pasar darurat di Alun-alun Utara. Hal itu dikarenakan, Alun-alun digunakan untuk agenda kegiatan tradisional yang rutin dilakukan setiap tahun oleh keraton. (Bj24)