Home Headline PDIP Solo Buka Peluang Koalisi

PDIP Solo Buka Peluang Koalisi

PDIPSolo, 2/2 (Beritajateng.net) – PDIP membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai politik lain dalam mengusung calon kepala daerah, meski partai itu memenuhi syarat untuk mengajukan calon sendiri dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Surakarta, Jawa Tengah, akhir 2015.

“PDI Perjuangan Kota Surakarta pada pemilu kemarin mendapat 23 kursi dari 45 kursi yang ada di DPRD. Artinya dengan menguasai lebih dari 50 persen dari jumlah keseluruhan wakil rakyat, ini bisa mencalonkan sendiri untuk maju dalam pilkada,” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta Teguh Prakosa di Solo, Senin.

Hingga saat ini, katanya, PDIP belum memulai tahap pencalonan, namun sudah membentuk panitia penjaringan bakal calon.

“Kita mau melaporkan pembentukan panitia penjaringan ke ketua DPC, tapi belum bisa bertemu. Setelah disepakati, kami langsung melakukan pendaftaran untuk penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota,” katanya.

Teguh menyebut sah-sah saja jika saat ini sudah muncul calon dari partai lain di kota tersebut.

Ia mengatakan nama calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih tersebut akan diumumkan saat-saat terakhir pendaftaran di komisi pemilihan umum setempat.

“Ya tidak sekarang. Kalau kami buka sekarang, pasti calon-calon yang ingin mendaftar ke parpol lain akan berpindah ke PDI Perjuangan. Maka dari itu, kami akan tunda dulu,” katanya.

Disinggung mengenai persyaratan warga yang ingin mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota melalui PDIP, Teguh yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Surakarta itu mengatakan tidak ada persyaratan khusus.

“Syaratnya seperti yang ada di peraturan, dan ini juga terbuka untuk umum. Silakan nanti siapa saja yang akan mendaftar,” katanya.(ant/bj02)

Advertisements