Home News Update PDIP Jateng Gelar Vaksinasi Covid-19

PDIP Jateng Gelar Vaksinasi Covid-19

SEMARANG, 3/7 (Beritajateng.net) – DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Sabtu (3/7/2021) dan Minggu (4/7) besok, melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Aula DPD PDIP Jateng, Panti Marhaen, Kota Semarang.
Kegiatan itu terlaksana berkat kerjasama PDIP Jateng dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
Menurut Bendahara DPD PDI Perjuangan Agustina Wilujeng Pramestuti SS, MM, kegiatan tersebut selain ditujukan untuk kader PDI Perjuangan juga diperuntukkan bagi masyarakat Kota Semarang. “Kegiatan vaksinasi ini untuk yang pertama tentunya untuk para kader PDI Perjuangan di Kota Semarang dan sekitarnya. Kemudian bagi masyarakat di sekitar Panti Marhaen,” kata Agustina.
Agustina mengatakan upaya PDIP Jateng untuk melakukan kegiatan vaksinasi tersebut disambut baik oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. “Melalui Kepala Dinkes menyambut upaya kita melakukan vaksinasi, Dokter dan tenaga medik semuanya dari sana, kita adalah tenaga pendaftaran, tenaga operator, dan tenaga admin serta tentunya mengundang para peserta,” lanjutnya.
Ia menambahkan, pada hari ini ada 521 masyarakat yang melakukan vaksinasi.”Yang sebetulnya ditentukan hanya 350, tetapi ketika lihat ramai ramai di Panti Marhaen semua pada datang. Dan langsung minta vaksin,” imbuhnya.
Wakil Ketua Komisi X DPR RI tersebut menambahkan masyarakat yang datang mengikuti vaksinasi di Panti Marhaen tersebut, mengeluhkan mereka sudah mendaftar ke berbagai tempat yang mengunggah pengumuman namun sampai sekarang belum menerima undangan. “Kemudian panitia konsultasi dengan teman teman di Dinkes, kalau mereka belum dapat WA balasan jam dan tanggal artinya kuota mereka mungkin habis, jadi tidak apa apa dilakukan vaksinasi. Karena mereka belum terdaftar di manapun. Sehingga bisa divaksin di sini,” jelas Agustina.
Pelaksanaan vaksinasi tersebut, imbuh Agustina merupakan inisiatif kader partai bukan instruksi khusus dari DPD PDI Perjuangan jateng melainkan sesuai dengan kemampuan pengurus ditingkat DPC PDI Perjuangan. Beberapa DPC PDIP sudah ada yang melaksanan kegiatan vaksinasi yakni Demak, Grobogan, dan Kebumen.
Selain menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi juga melalui screening yang dilakukan seperti ditentukan Dinas Kesehatan. “Dalam kegiatan ini, ada 31 petugas dari PDIP yang membantu jalannya vaksinasi sedangkan dari tenaga kesehatan 25 orang, tapi karena kurang sehingga tadi kami minta dibantu oleh teman teman fraksi untuk menjadi petugas. Kami ada disini karena kerelaan diri sendiri dan bertugas menjadi panitia,” sambungnya.
Jawa Tengah ini, ujar Agustina dari 35 juta sasaran itu baru baru mencapai 3,5 juta orang yang menerima vaksin. “Oleh itu kami berdiskusi, untuk membantu mengadakan kegiatan vaksinasi. Sudah waktunya gotong royong digalakkan dan saya kira PDI Perjuangan merasa sangat bangga, kami akan berusaha menambah jumlah supaya membantu meningkatkan jumlah orang yang bisa divaksin paling tidak di sekitar kita dulu,” jelas Agustina.
Meski begitu, Agustina mengakui ada kendala yang dihadapi yakni terkait terbatasnya vaksin. “Memang kita akui vaksinnya menunggu dari pusat dan terbatas jumlahnya. Kita bantu pemerintah menyalurkan kepada masyarakat. Caranya kita buka sentra vaksinasi di Panti Marhaen dibantu tenaga kesehatan dari Dinkes Provinsi Jateng,” katanya.
Agustina menegaskan PDIP Jateng dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut hanya ingin membantu pemerintah. “Kita hanya ingin membantu pemerintah. Sesuai intruksi bu Puan, (Ketua DPP PDI Perjuangan) kita kerja dalam diam dan kerja kemanusiaan. Artinya memang tidak ada gebyar seremonial acara kita,” tegasnya.
(NK)