Home Headline PDIP Apresiasi Langkah Jonan Terkait Penerbangan

PDIP Apresiasi Langkah Jonan Terkait Penerbangan

image
PDIP.Foto/Ilustrasi

Jakarta, 12/1 (Beritajateng.net) – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengapresiasi tindakan tegas Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang lebih memilih menyelamatkan korban musibah AirAsia dan secara cepat melakukan audit izin penerbangan hingga ditemukan 61 penerbangan tanpa izin.

“Pak Jonan sangat memahami perintah konstitusi bahwa negara wajib melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesa,” katanya di Jakarta, Senin.  Oleh karena itu, PDI Perjuangan memberikan dukungan bagi menteri yang mampu bersikap tegas dalam melaksanakan perintah konstitusi.

“Adanya penerbangan tanpa izin pada prinsipnya melanggar prinsip kedaulatan negara. Sanksi yang tegas wajib diberlakukan sehingga ke depan tidak terjadi,” katanya.

Apapun, di tengah pesatnya pertumbuhan industri penerbangan dan persaingan yang semakin ketat antarmaskapai, maka keselamatan penerbangan harus didahulukan.

Ignasius Jonan juga diminta untuk secepatnya membereskan aparatnya yang terbukti berkolusi di dalam memberikan izin.”Sebagai regulator, pemerintah tidak boleh kalah oleh berbagai bentuk lobby. Keselamatan penumpang tidak boleh diabaikan,” tegasnya.

Selain hal tersebut, Hasto juga meminta Menhub agar merekomendasikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam hal perlindungan asuransi bagi penumpang segera dijalankan. “Pemerintah bisa proaktif agar maskapai dapat memenuhi seluruh tanggung jawabnya terkait asuransi penumpang. Kebijakan ini sebaiknya segera dikeluarkan,” katanya.

Ia menambahkan pemerintah bisa campur tangan melalui mekanisme yang transparan dan melalui tender terbuka terhadap pentingnya asuransi nasional yang mampu memberikan jaminan terhadap setiap kemungkinan terburuk atas kecelakaan pesawat terbang.(Ant/Bj02)

Advertisements