Home Ekbis PDAM Karanganyar Cari Sumber Mata Air Baru

PDAM Karanganyar Cari Sumber Mata Air Baru

Dirut PDAM Karanganyar

Dirut PDAM Karanganyar

Karanganyar, 4/2 (BeritaJateng.net) – Menyusutnya debit air di tiga puluh mata air milik PDAM Karanganyar membuat PDAM berusaha mencari sumber mata air bersih baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di wilayah Karanganyar.

Pemanfaatan 30 sumber mata air tersebut sudah sangat maksimal. Sehingga perlu diupayakan pencarian sumber mata air baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pencarian di ada empat titik yang ada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Karanganyar, Jaten, dan Kerjo dan saat ini sedang dalam penelitian terhadap kandungan airnya.

Sebelumnya PDAM sudah memiliki sumber mata air yang tersebar di wilayah Kecamatan Karangpandan, Jatiyoso, Jenawi, dan Ngargoyoso, Wonorejo, Colomadu, Papahan, dan Palur.

Sumber mata air selama ini mampu menghasilkan pasokan air 465 liter per detik untuk memenuhi 44.000 sambungan rumah di Kabupaten Karanganyar.

Dirut PDAM Karanganyar, Suroso, menyebutkan bahwa pihaknya saat ini sedang meneliti sejumlah lokasi diperkirakan memilki sumber mata air nan nantinya bisa dimanfaatkan bagi masyarakat Kabupaten Karanganyar.

“Tiga sumber tersebut berada di Popongan, Dagen, Ngringo, dan satu lokasi di Kerjo,” jelasnya ketika ditemui di kantornya, Rabu (4/2/2015).

Menurut Suroso, keputusan untuk mencari sumber mata air baru dipicu karena beberapa waktu terakhir pasokan air di Karanganyar mulai menurun. Banyak masyarakat yang mulai mengeluh pasokan air ke rumah pelanggan menjadi tersendat.

“Pencarian sumber mata air diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan,” terangnya.

Suroso juga menegaskan jika pasokan air pada beberapa bulan terakhir mulai menurun. Karena faktor alam, debet air mengalami penurunan. Sehingga pencarian sumber air tambahan dapat memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan. (BJ24).

Advertisements