Home Ekbis PDAM Jepara Subsidi 2 Ribu Pelanggan MBR

PDAM Jepara Subsidi 2 Ribu Pelanggan MBR

pdam1

Jepara, 8/3 (Beritajateng.net) –Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jepara akan mensubsidi kepada 2 ribu pelanggan yang tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Untuk mensubsidi pelanggan baru tersebut, PDAM harus memotong laba yang diperoleh sebesar Rp 1,5 miliar.

Pasalnya, subsidi tersebut tidak masuk dalam APBD 2015.

Hal itu disampaikan Direktur PDAM Jepara, Prabowo. Menurutnya, anggaran Rp 1,5 miliar tersebut dibelanjakan untuk pemberian subsidi pemasangan instalasi bagi 2 ribu pelanggan dari MBR.

Untuk memasang instalasi air dari PDAM, pelanggan umumnya dikenakan biaya Rp 1,2 juta. Tapi untuk pelanggan MBR disubsidi sebesar Rp 750 ribu. Sehingga hanya cukup membayar Rp 450 ribu.

“Itu pun bisa dicicil. Calon pelanggan bisa membayar uang muka sebesar Rp 200 ribu terlebih dahulu. Sisanya bisa dibayarkan pada bulan berikutnya,” tandasnya.

Dia menjelaskan, subsidi memang hanya diberikan untuk pemasangan instalasi baru. Untuk pembayaran bulanan, pelanggan MBR tetap dikenakan biaya normal. Pemberian subisidi ini juga sekaligus sebagai salah satu program PDAM untuk menambah jumlah pelanggan.

Antusiasme warga untuk mengajukan pemasangan instalasi baru bersubsidi ini terbilang tinggi. Berdasarkan data yang dimiliki PDAM, sebanyak 75 hingga 100 rumah tangga mengajukan pemasangan instalasi tiap harinya. Akibatnya, pihaknya kerap memberlakukan kebijakan buka-tutup pendaftaran.

“Hal ini dilakukan agar tak melebihi kuota yang ditetapkan. Selain itu memberi waktu jeda kepada petugas untuk memverifikasi data calon pelanggan agar subsidi tepat sasaran,” katanya.(BJ18)