Home Headline Pasca Idul Adha, Harga Sapi di Blora Merosot

Pasca Idul Adha, Harga Sapi di Blora Merosot

311
Pasca Idul Adha, Harga Sapi di Blora Merosot

BLORA, 5/7 (BeritaJateng.net) – Pasca hari raya Idul Adha, harga sapi di Kabupaten Blora, Jawa tengah justru mengalami penurunan. Padahal di tahun sebelumnya harga sapi bisa merangkak naik.

Sariyono, salah satu pedagang sapi mengatakan, harga sapi turun sekitar Rp 500.000 per ekor. Jika pada Idul Adha lalu harga sapi.sekitar Rp 18.000.000 kini turun menjadi Rp 17.500.000.

“Iya turun 500 ribu. Itu untuk sapi yang lokal. Untuk yang jenis lain saya kurang tahu, soalnya saya gak jual. Mungkin juga turun juga,” ucapnya saat ditemui di pasar hewan Blora, Rabu (5/8/2020)

Pedagang lain, Teguh mengungkapkan, harga sapi saat ini mengalami penurunan sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000. Penurunan terjadi hampir seluruh jenis sapi.

“Setelah hari raya ini, harga sapi anjlog mas. Yang semula 18 juta sekarang jadi 17 sampai 17,5 juta. Padahal tahun sebelumnya, harga sapi bisa naik sampai 1 juta,” katanya

Teguh menduga, penurunan harga sapi diduga dampak merebaknya virus Corona. Selain itu, hingga masih tutupnya Rumah Pemotongan Hewan usai Iduladha sehingga belum banyak pembeli daging sapi.

“Yang pertama itu memang karena Corona, jadi banyak pembeli luar kota yang gak berani masuk ke Blora. Yang kedua karena tempat jagal juga masih tutup habis lebaran. Jadi ini banyak sapi yang beredar di pasaran,” ungkapnya. (Her/El)