Home News Update Pasca Bencana, Pemerintah Wajib Perhatikan Pemulihan Ekonomi

Pasca Bencana, Pemerintah Wajib Perhatikan Pemulihan Ekonomi

Semarang, 26/12 (Beritajateng.net) – Pasca bencana tanah longsor di Dusun Jemblung Desa Sampang Karang Kobar Banjarnegara, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Banjarnegara harus memperhatikan pemulihan ekonomi masyarakat yang menjadi korban. Hal ini mengingat sebagian besar lahan pertanian dan hewan ternak masyarakat hilang terkena bencana tersebut.

Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah Chamim Irfani mengatakan, saat ini masyarakat yang menjadi korban bencana tanah longsor tersebut kehilangan mata pencaharian. Kalau pemerintah tidak memperhatikan kondisi ini maka akan jadi masalah tersendiri bagi mereka.

“Mereka sudah kehilangan sawah, ladang dan ternak. Harta mereka sudah habis. Ini harus dipikirkan oleh pemprov dan Pemkab Banjarnegara. Kasihan kalau lepas dari perhatian kita,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telpon, Jumat.

Lebih lanjut Chamin mengatakan, untuk memback up kebutuhan ekonomi mereka, Gubernur bisa menggunakan dana Bansos atau dana tak tersangka sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya. Tidak hanya menyediakan dana saja namun dinas terkait juga harus terus memberikan bimbingan sampai kondisi perekonomian mereka normal kembali.

“Sesuai dengan tahapan penanganan bencana yang dilakukan pemerintah, saat ini masih fokus pada penanganan pengungsi dan mulai dilakukan pembangunan infrastruktur di desa tersebut termasuk perencanaan relokasi warga,” tambahnya.

Meski saat ini lanjut Chamin, bantuan masyarakat masih mengalir, namun Pemerintah wajib menyediakan anggaran yang cukup untuk pemulihan ekonomi masyarakat khususnya korban bencana.

“Saat ini memang masih banyak bantuan masyarakat yang mengalir ke desa Sampang, namun demikian pemerintah harus menyiapkan anggaran yang cukup untuk membantu pemulihan perekonomian masyarakat,” katanya. (BJ012)