Home Ekbis Pasar Murah Salah Satu Cara Tekan Inflasi

Pasar Murah Salah Satu Cara Tekan Inflasi

Iluatrasi
Iluatrasi
Iluatrasi


Solo, 3/7 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka mengendalikan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok yang biasanya menjelang lebaran mengalami lonjakan harga yang cukup tinggi sehingga Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kota Solo dalam rangka rutin menggelar inspeksi mendadak (Sidak) pasar.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Ismet Inono, pihaknya selalu rutin menggelar sidak basar untuk menjamin stabilitas harga utamanya kebutuhan pokok bagi masyarakat. 

“Setiap pekan akan melakukan sidak. Pekan lalu sudah dilakukan dan  pekan depan kita akan sidak pasar kembali untuk melihat perkembangan harga terbaru dari  komoditas-komoditas yang ada,” jelasnya Jumat (3/7/2015).

Dalam sidak yang di lakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kota Solo, harga yang masih terus mengalami kenaikan diantaranya harga cabai. Padahal di sejumlah wilayah lain sudah melakukan panen. Selanjutnya adalah harga ayam juga belum mengalami penurunan justru terus bergerak naik. 

“Itu berarti diperkirakan komoditas kelompok volatile food diperkirakan masih menyumbang inflasi hingga lebaran. Namun Hkita berharap inflasi masih bergerak pada kisaran 0,4 – 0,5%, tidak lebih dari itu,” lanjutnya. 

Selain itu Ismet juga menjelaskan antisipasi Pertamina dengan mengamankan stok kebutuhan elpiji 3 kilo hingga lebaran nanti sudah cukup bagus. Bahkan TPID dan Pemerintah Daerah setempat bekerja sama dengan menurunkan tim monitoring.

Tugas tim monitoring untuk melihat
pangkalan mana  yang kosong, sehingga segera diinformasikan untuk diisi. Sehingga tidak akan terjadi kelangkaan. Dengan begitu secara  otomatis juga  untuk menekan harga gas melon agar tidak liar,” tegasnya.

“Upaya lain untuk menekan inflasi dan utamanya untuk menekan harga kebutuhan,  dengan mengadakan pasar murah di daerah marginal atau pinggiran,” pungkasnya. (BJ24)