Home Ekbis Pasar Dargo Bakal Jadi Pusat Penjualan Batu Mulia

Pasar Dargo Bakal Jadi Pusat Penjualan Batu Mulia

Semarang, 12/1 (beritajateng.net) – Rencana penataan Pasar Dargo untuk menjadi Gems Center atau pusat penjualan batu mulia di Jawa Tengah disambut baik oleh pemerintah Kota Semarang.

mengatakan, untuk relokasi pedagang batu mulia yang awalnya menempati PKL di jalan Kartini, sekarang mulai beralih ke pasar Dargo. Lokasi  yang sekarang dipergunakan merupakan aset yang dikelola pemerintah kota Semarang.

Luasannya yang ditempati PKL batu mulia dipasar Dargo adalah aset pemkot yang sebagian menjadi hak pengelolaan yang diserahkan kepada pemerintah kota Semarang dengan luasan 892,74 meter persegi.

“Mengenai lokasi PKL batu mulia yakni berada diproksi lantai 1 dengan kewenangan penuh pemkot. Lokasi tersebut dari dinas pasar tidak menjadi masalah, yang jadi masalah adalah bangunan tersebut berada di blok C, sehingga bila ingin mengembangkan, Dinas Pasar tidak bisa hanya mengembangkan wilayah tersebut saja namun harus keseluruhan,” ujarnya.

Menurutnya, dari dinas berencana membuat anggaran perubahan pada 2015 dan direncanakan 2016 akan direalisasikan pembangunannya.

“Kami akan mendorong PKL tidak hanya hidup disana namun juga berkembang sebagai Gems Center. Itu semua kewenangan karena berada dilokasi yang dikelola pemkot, sehingga Sudan pasti akan difasilitasi pemerintah kota Semarang pula,” katanya.

Sementara itu, anggota komisi B Mualim mengatakan, PR untuk Dinas Pasar, diharapkan mampu membuat konsep bagaimana mengembangkan pasar Cargo yang sebelumnya dikenal sebagai ikon pasar beras di Jawa Tengah dan kini rencananya juga menjadi pusat penjualan batu mulia atau batu akik di Jateng.

“Dargo itu ikon pasar beras seJawa Tengah, artinya dargo sebagai pasar beras jangan berubah. Pemkot khususnya dinas pasar harus segera menggambar dan membuat konsep, bila proyeksinya bagus maka baru mulai penataan,” ujar Mualim. (Bj05)

Advertisements