Home Lintas Jateng Pantau Mudik, Solo Pasang 35 CCTV 

Pantau Mudik, Solo Pasang 35 CCTV 

yosca
Solo, 4/7 (BeritaJateng.net) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo meyatakan jumlah kendaraan yang akan masuk ke kota Solo selama arus mudik Lebaran 2015 mengalami peningkatan sekitar sekitar 8,5 juta kendaraan. Sedangkan data jumlah kendaraan yang masuk ke kota Solo   tahun lalu sekitar  7 juta kendaraan.

Kepala Dishubkominfo Solo Yosca Herman Sudradjad menyebutkan meningkatnya jumlah kendaraan masuk kota Solo karena semakin banyak masyarakat yang mudik  menggunakan mobil pribadi di bandingkan menggunakan kendaraan umum. 

“Justru masyarakat yang menggunakan angkutan umum seperti bus diperkirakan turun,” jelasnya di Solo, Sabtu (3/7/2015).

Sebagai antisipasi banyaknya mobil yang masuk ke kota Solo dan berimbas terjadi banyaknya kemacetan maka Dishub kota Solo akan mengoptimalkan kerja Traffic Control System yang ada di Kantor Dishubkominfo  Solo.

“Sistem ini akan mengatur  cepat-lambatnya countdown (hitung mundur) di sejumlah lampu merah,” terang Yosca.

Selain itu Dishubkominfo juga menambah close circuit television (CCTV) untuk memantau arus lalulintas sehingga total CCTV yang terpasang di simpang empat  ada 35 CCTV. Penambahan CCTV tersebut di wilayah Ngemplak, Girimulyo dan Jalan Veteran. 

Dishubkominfo Kota Solo juga akan memasang rambu penunjuk jalan agar para pemudik dari luar kota yang melewati Solo tidak bingung dan salah jalur memasuki kota Solo yang berimbas dengan terjadinya kemacetan. 

“Pemudik banyak yang melewati Solo, jika tidak diberi rambu penunjuk jalan pasti bingung. Mulai di pasang  H-15 Lebaran dan dilepas sampai H+10 Lebaran,” pungkasnya.(Bj24)