Pantau Kesehatan ASN Lewat Posbindu

UNGARAN – Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mengingatkan seluruh pimpinan perangkat daerah untuk memantau kesehatan ASN di lingkungan kerjanya. Caranya dengan memeriksakan kesehatannya secara rutin di pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM) di tiap dinas/instansi. Hal itu ditegaskan Bupati saat melaunching “Petisi OPD Asik” Dinas Kesehatan di Alun-alun mini, Jl Ahmad Yani, Ungaran, Jumat (1/9/2023) pagi.
Launching Pelaksanaan Posbindu Institusi di OPD melalui Aplikasi sehat Indonesiaku (Petisi OPD Asik) ditandai dengan pembukaan selubung papan informasi oleh Bupati didampingi Hj Peni Ngesti Nugraha. Selanjutnya, Bupati dan pimpinan OPD membubuhkan tanda tangan dukungan di papan yang telah disediakan. Usai launching, acara dilanjutkan dengan senam gabungan OPD bersama Bupati.
Kepala Dinkes, Dwi Syaiful Noor Hidayat menjelaskan di setiap OPD nantinya akan dibentuk Posbindu PTM. Pada tahap awal akan dibentuk di 19 OPD dalam waktu dua bulan kedepan. “Setiap bulan kesehatan para ASN akan dicek oleh petugas kesehatan. Kami menggandeng personel dari Puskesmas sekitar,” terangnya.
Pengecekan diantaranya tekanan darah, kolesterol, gula darah, asam urat dan lainnya.
Dengan program itu, lanjutnya, akan dapat dideteksi secara dini potensi penyakit tidak menular yang diidap para ASN. Pemeriksaan kesehatan ini juga terhubung dengan aplikasi sehat Indonesiaku (ASIK). “Kita berharap kesehatan para ASN akan lebih terjaga dengan program ini,” tegasnya.(kom)

Leave a Reply