Home Hiburan Pantai Teluk Penyu di Cilacap Mulai Ditata

Pantai Teluk Penyu di Cilacap Mulai Ditata

TELUK PENYU

Cilacap, 29/1 (BeritaJateng.net) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mulai menata pedagang di kawasan objek wisata Pantai Teluk Penyu.

“Untuk tahap awal ini, penataan dilakukan terhadap pedagang kuliner yang berjualan di sepanjang tanggul Pantai Teluk Penyu. Dalam hal ini, sepanjang tanggul Pantai Teluk Penyu harus bebas dari bangunan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Cilacap Indar Yuli Nyataningrum di Cilacap, Kamis.

Dia mengatakan pedagang kuliner di sepanjang tanggul Pantai Teluk Penyu sudah menandatangani kesepakatan untuk pindah ke lokasi yang telah disediakan Pemkab Cilacap paling lambat pada 15 Februari 2015.

Dia mengakui para pedagang meminta waktu untuk menyiapkan dapur dan sebagainya karena tempat yang disediakan di lokasi baru hanya berupa bangunan induk.

“Sementara untuk relokasi bagi pedagang pakaian dan cendera mata diperkirakan baru akan dilaksanakan sekitar bulan Juli-Agustus 2015 karena bangunan baru ditenderkan pada awal Maret,” katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya penataan tersebut, wisatawan bisa melihat secara langsung keindahan Pantai Teluk Penyu tanpa terganggu oleh bangunan milik pedagang.

Selain penataan pedagang, pihaknya juga akan menata tempat parkir kendaraan termasuk menyiapkan tempat penyimpanan perlengkapan nelayan yang selama ini tersimpan di tepi pantai.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Paguyuban Pedagang Pariwisata Teluk Penyu Bismo Sriyono mengatakan saat ini pedagang yang terkena dampak penataan tersebut mulai melakukan persiapan relokasi meskipun pada awalnya sempat terjadi pro dan kontra.

“Ada sekitar 30 persen pedagang yang menolak di relokasi, mereka pedagang yang berada di atas tanggul seperti penjual ikan bakar dan pakaian. Harusnya pedagang sudah pindah pada akhir tahun 2014, tetapi mereka minta perpanjangan hingga bulan Agustus 2015 dan Disparbud menargetkan tanggal 15 Februari harus pindah,” katanya. (ant/BJ)