Home Nasional Pansel KPK Kantongi 140 Calon Pimpinan KPK

Pansel KPK Kantongi 140 Calon Pimpinan KPK

IMG-20150619-WA0007

Semarang, 19/6 (BeritaJateng.net) – Pendaftaran Calon Pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Periode 2015 hingga 2019 sudah mencapai sebanyak 140 calon. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) KPK Prof. Dr. Enny Nurbaningsih.

Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) KPK Prof. Dr. Enny Nurbaningsih menyampaikan pendaftaran calon hingga tepat pertanggal 18 Juni telah menjaring sebanyak 140 calon yang akan menduduki peimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019.

Dari data pelamar yang masuk, banyak beberapa profesi ikut mencalonkan diantaranya yaitu, profesi advokat sebanyak 32 orang, PNS dan pensiunan ada 26 orang. Sedangkan dari unsur dosen maupun akademisi hanya ada 17 orang, dan sisanya ada dari kepolisian, wiraswasta, komisaris, dan masyarakat sipil.

“Kita adakan seleksi dan pendaftaran secara terbuka, bahkan kita sebarkan pesan singkat juga dengan ajakan untuk mau mendaftar sebagai anak bangsa yang peduli akan kemajuan bangsa dan terlepas dari korupsi,” katanya.

Ia menjelaskan, selama masa seleksi para pelamar mendaftarkan baik secara langsung atau melalui surat elektronik dengan kelengkapan data pribadi.

Bahkan Enny sedikit memberikan kelonggaran bagi para pendaftar yang masih mengalami kekurangan persyaratan untuk segera melengkapi berkas tersebut sampai tanggal penutupan di 27 Juni 2015 mendatang.

“Seperti kekeurangan surat keterangan sehat atau surat berkelakuan baik di kepolisian, itu masih bisa disusulkan dilengkapi sampai sebelum penutupan pendaftaran. Kelonggaran ini kita berikan karena memang masih cukupnya waktu juga sebagai sisi humanisme dalam niatan baik untuk memerangi korupsi dengan mendaftar pimpinan KPK,” tambahnya.

Lanjutnya, dan setelah pendaftaran ditutup maka dilanjut masa Tanggapan Masyarakat selama satu bulan penuh mulai 27 Juni sampai 26 Juli. Tanggapan masyarakat berupa masukan, kabar, informasi, tanggapan dan lainnya yang bersumber pada masyarakat umum lembaga-lembaga terkait.

“Kita harap masyarakat memanfaatkan momen satu bulan ini untuk memberikan tanggapannya. Kita juga bekerjasama dengamn Badan Intelejen Nasiona, Kepolisian, Kejaksaan, PPATK untuk bersama-sama masyarakat men-traking data-data mereka diumum sehingga mana saja yang pantas untuk maju sebagai bahan masukan Pansel KPK,” jelasnya.

Jika tahapan sebulan Tanggapan Masyarakat sudah terlaksana maka akan memasuki tahapan tes berupa Makalah tentang Diri dan Kompetensi dilanjut dengan pengumuman dan akan kembali melalui proses assesmen, kesehatan, dan wawancara.

Enny menegaskan dalam tes yang dilewati para calon adalah berdasar kompetensi, kemampuan dan integritas tinggi. Tak ada tekanan dari pihak luar bahkan titipan akan nama-nama calon pimpinan yangh ada.

Pada 31 Agustus mendatang tim Pansel harus sudah memberikan rekomendasi kepada presiden tentang nama-nama pimpinan KPK. Ada sekitar 16 nama yang akan diajukan pada tahap pertama sesuai hasil tes diatas.

“Semua melewati tes berdasar tes yang dilalui, ada 16 nama diajukan pertama dan akan mengkrucut menjadi delapan nama calon pimpinan dengan grade yang sama naumun dengan fungsi yang berbeda,” tambah Enny.(BJ06)