Home Ekbis Panen Raya di Blora, Kementerian Pertanian Nyatakan Stok Beras Aman

Panen Raya di Blora, Kementerian Pertanian Nyatakan Stok Beras Aman

Panen Raya di Blora, Kementerian Pertanian Nyatakan Stok Beras Aman
          BLORA, 19/1 (BeritaJateng.net) – Kementerian pertanian memastikan persediaan beras secara nasional masih cukup aman. Pada Januari saja secara nasional luas panen padi mencapai 854 ribu hektar dengan tingkat produksi mencapai 4,2 ton gabah kering atau setara 2,7 ton beras.
          Hal ini disampaikan Dirjen Hortikultural Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono saat panen raya padi di desa Tanjung ke kecamatan kedungtuban kabupaten Blora Jumat (19/1/2018).
         Menurut Spudnik, puncak panen wilayah Indonesia terjadi pada bulan Maret dengan perkiraan produksi sejumlah 11,8 juta ton , berasnya 7,4 juta ton. Namun, setelah itu pada bulan April panen agak menurun sedikit.
           “Kita ingin sampaikan kepada publik bahwa sejak Desember 2017 sampai dengan Januari kita terus panen, Artinya ada beras, Tidak ada rash, tidak ada panic buying, tidak ada orang antri cari beras,” terangnya.
          Sementara, lanjut dia, pada bulan Februari 2018 mendatang, akan panen 1,64 juta ha lahan pertanian dengan perkiraan produksi 8,6 juta ton gabah kering giling. “Kalau diproduksi beras, pada bulan Februari ada  5,4 juta ton,” ungkapnya.
           Dirjen menghimbau agar Masyarakat tidak perlu kawatir dengan pemeberitaan yang ada. Karena menurutnya, Secara Nasional sejak Desember 2017 sampai Januari terus panen padi.  “Intinya ketersediaan pangan aman,” tandasnya.
(MN/EL)