Home Nasional Pakar Hidrologi: Pembuatan Bendung Karet Bisa Jadi Solusi Rob di Semarang

Pakar Hidrologi: Pembuatan Bendung Karet Bisa Jadi Solusi Rob di Semarang

Semarang, 16/6 (BeritaJateng.net) – Salah satu program jangka pendek untuk mengurangi rob di kawasan Kaligawe yakni dengan pembuatan bendungan karet yang dipasang disetiap muara sungai. Hal ini disampaikan oleh Pakar Hidrologi dari Universitas Diponegoro Semarang, Dr. Nelwan.

Menurut dosen Undip ini, tekhnologi bendungan karet lebih hemat dibandingkan dengan pembuatan polder atau kolam retensi.

“Di Tiongkok sudah diterapkan metode bendungan karet. Terbukti lebih praktis dan murah. Biayanya Rp100 Juta per meter. Bisa diterapkan di Kalitenggang dan Kali Sringin. Metode kerjanya sederhana.Kalau air laut naik, aliran sungai ditutup dengan balon karet yang diisi udara atau air. Sehingga sungai tertutup, dan air tak masuk ke daratan,” jelasnya.

Nelwan menambahkan, teknologi ini sudah dipraktikkan di Sungai Welahan Bom Kabupaten Jepara dan Kali Wedung Kabupaten Demak dengan istilah bungpis.

Teknologi bendung karet sebenarnya bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Di era 1990an, katanya, teknik ini sudah banyak sekali digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk menahan masuknya air laut di wilayah pesisir. (Bj05)