Home Hiburan PAF 2015 Dimeriahkan Lomba Kuliner Lokal

PAF 2015 Dimeriahkan Lomba Kuliner Lokal

Pandanaran Art Festival (dok)

Semarang, 18/11 (BeritaJateng.Net) – “Pandanaran Art Festival” kembali digelar pada tahun ini oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dengan dimeriahkan lomba memasak kuliner-kuliner lokal.

“Ada 19 hotel dan restoran di Kota Semarang yang akan ambil bagian dalam pergelaran Pandanaran Art Festival 2014,” kata Kepala Disbudpar Kota Semarang Masdiana Safitri di Semarang, Selasa (18/11).

Pandanaran Art Festival 2014 digelar di Taman Keluarga Berencana (KB) pada 21-23 November 2014, terbagi dalam empat zonasi, dan kalangan perhotelan serta restoran akan menempati zona kuliner.

Ia menyebutkan ada beberapa kompetisi yang akan digelar untuk kalangan perhotelan dan restoran, di antaranya “live cooking competition” dengan mengangkat tema kuliner lokal tradisional.

“Ada pula lomba ‘tray on the road’, yakni para waitres dari hotel dan restoran akan berjalan kaki menempuh jarak kurang lebih satu kilometer sambil membawa nampan dan botol minuman,” katanya.

Masdiana mengatakan Pandanaran Art Festival 2014 melibatkan pula 14 komunitas di Kota Semarang yang akan menempati zona art, seperti Komunitas Pegiat Sejarah (KPS) dan The Heritage Coffee.

Masih di zona art, kata dia, ada juga Komunitas Oase, Lopen Semarang, Berline, Semarang Photography Event, Artkroobatik, Akar Asem Tattoo, Chalkart, Run SMG, Stan Up Comedy Semarang, dan Hysteria.

“Para komunitas seni ini akan menampilkan berbagai kegiatan, seperti Gerobak Film, Sinau Bareng Chalkart, Talkshow Seabad Semarang, ‘hunting’ foto bareng model, dan sebagainya,” katanya.

Berbagai dolanan anak tradisional juga ditampilkan di zona dolanan anak, termasuk dalam bentuk “display” dolanan anak tradisional, serta kursus membatik yang dipandu Club Merby Semarang.

Sementara itu, General Manager Hotel Horison Semarang Ahmad Mustofa menyambut baik digelarnya kompetisi kuliner lokal pada Pandanaran Art Festival 2014 bagi kalangan hotel dan restoran.

“Sebenarnya ini kan tidak lepas dari kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015. Para pekerja dari negara-negara ASEAn akan membanjiri Indonesia, demikian sebaliknya,” katanya.

Dengan berbagai perlombaan yang mengeksplorasi kemampuan profesi kalangan perhotelan dan restoran, seperti chef dan waitres maka akan menunjukkan bahwa SDM perhotelan Indonesia siap. (ant/pri)